Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Desain Uang Kertas Indonesia Terbaik

Hal-Hal Aneh DIDUnia 97
Desain pada uang kertas memiliki peranan penting sebagai alat pembayaran. Desain uang kertas setidaknya mestilah menggambarkan kekhasan negara yang mencetak uang kertas tersebut.

1. 10.000 Rupiah Tahun 1975
Desain uang kertas yang satu ini merupakan desain uang kertas terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Bahkan, desain uang kertas 10.000 Rupiah ini disebut-sebut sebagai desain uang kertas terbaik di dunia.

Keserasian warna serta desain yang dimiliki uang ini membuatnya tampak indah. Gambar relief di bab belakang mengingatkan pada kejayaan dan supremasi bangsa Indonesia di masa lalu. Wajah Barong di bab depan menujukkan corak kebudayaan yang kental.

2. 5.000 Rupiah Tahun 1992
Gambar Sasando Rote dan Danau Tiga Warna yang berwarna-warni, serta penempatan gambar yang baik membuat uang ini tampak cantik dan menarik. Desain uang kertas ini seolah memberikan pesan bahwa Indonesia memiliki keindahan alam dan corak kebudayaan yang kental.


3. 50.000 Rupiah Tahun 2004
Paduan antara desain etnik serta modern membuat uang ini menjadi tampak unik. Meski bab depan uang ini tak banyak gambar berpendarnya, gambar penari Bali akan terlihat dikala uang ini disinari ultraviolet di bab belakangnya.

Desain uang kertas ini kolam memberikan bahwa Indonesia ialah bangsa yang teguh dalam memelihara budpekerti dan budaya, namun tak menampik modernitas yang ada.

4. 20.000 Tahun 2004
Meski perpaduan warna pada gambar depan kurang menarik dan monoton, uang ini memiliki desain dan pengamanan yang baik. Saat disinari ultraviolet, bab belakang akan berpendar dengan indah. Seolah menggambarkan para pemetik teh di dikala fajar gres menyingsing.


5. 1.000 Rupiah Seri Kebudayaan Tahun 1952
Desain uang kertas ini memiliki desain dan corak yang cantik sekaligus mencerminkan kebudayaan Indonesia. Perpaduan warna yang unik serta pemilihan gambar yang menarik membuat uang ini menjadi buronan para kolektor uang kuno.


6. 100 Rupiah Seri Bunga Tahun 1959
Uang yang satu ini menjadi uang kertas Indonesia yang pertama kali menggunakan benang pengaman ultraviolet. Saat uang ini disinari ultraviolet, benang pengaman dan bunga akan berpendar dengan indahnya.


7. 20.000 Rupiah Tahun 1995
Uang kertas ini memiliki desain dan penempatan gambar yang baik. Benang pengaman berwarna perak membuat uang ini sulit dipalsukan. Gambar Burung Cendrawasih serta Cengkih membuat uang kertas ini tampak indah.


8. 10 Rupiah Seri Hewan Tahun 1957
Uang kertas ini memiliki gambar Kancil yang kecil di bab depan. Warnanya yang cantik serta penempatan gambar yang baik membuat desain uang kertas ini unggul dibanding uang kertas lainnya dari Seri Hewan Tahun 1957.


9. 1 Rupiah Seri Pemandangan Alam Tahun 1951 dan 2 1/2 Rupiah Seri Pemandangan Alam Tahun 1953
Disebut seri Pemandangan Alam karena desain uang kertas ini memuat gambar pemandangan alam Indonesia. Tampak hamparan sawah serta terasering pada kepingan Rp1, serta panorama pantai yang cantik pada kepingan Rp21/2.

Desain uang kertas-uang kertas ini seolah memberikan pesan bahwa Indonesia memiliki keindahan alam yang sangat cantik menyerupai yang digambarkan lagu Rayuan Pulau Kelapa.

10. 5 Rupiah dan 10 Rupiah Seri RIS Tahun 1950
Uang ini memuat gambar Ir. Soekarno selaku Presiden Republik Indonesia Serikat (RIS) pada masa itu. Desain uang ini lebih menyerupai dolar Amerika ketimbang desain uang kertas lainnya, alasannya ialah dicetak oleh perusahaan asing.

Artikel ini diambil dari
http://terselubung.in/10-desain-uang-kertas-indonesia-terbaik/