Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Hewan Yang Kesetiaannya Melebihi Manusia

Hewan


: Kamu boleh saja merasa jadi insan paling setia di dunia ini. Tapi sudahkah kau melirik ke sekeliling dan menemukan kesetiaan yang benar-benar seumur hidup saja. Tengoklah, misalnya, pada bebek dan merpati. Ternyata hewan tersebut diciptakan Yang Mahakuasa dengan bekal kesetiaan pada pasangannya. Ada baiknya bukan, kalau kau mengamati dan berguru dari hewan-hewan ini:


1. Merpati

Hewan

Burung merpati sudah lama disebut sebagai lambang kesetiaan. Burung ini hanya memiliki satu pasangan seumur hidupnya.


2. Kera Wak-wak

Hewan

Kera Wak-wak ini baik jantan maupun betina punya ukuran badan yang sama. Sebagai pasangan, mereka tampak selalu bahu-membahu bergelantungan di pohon dan saling merawat manja pasangannya.


3. Angsa

Hewan

Ini sudah jadi simbol cinta universal: sepasang bebek yang berenang sambil lehernya membentuk simbol hati.


4. Burung Bangkai Hitam

Hewan

Tampak indah dan tampan itu bukan tanda kesetiaan lho. Lihat saja burung yang suka makan bangkai atau daging ini, berbulu dan kulit serba hitam. Burung ini sangat setia dan hanya punya satu pasangan seumur hidupnya.


5. Angelfish dari Perancis

Hewan

Kamu tak akan pernah melihat French Angelfish sendirian. Ikan ini akan berenang, berburu dan hidup berdua dengan pasangannya. Mereka juga melindungi wilayahnya bersama pasangan.


6. Serigala

Hewan

Serigala memang buas, tapi hewan ini setia. Mereka selalu berburu berdua pasangannya. Dan kalau telah memiliki anak, maka anak-anaknya akan diajak serta berburu.


7. Albatross

Hewan

Albatross mampu terbang menyeberangi samudra. Tapi satu hal yang perlu kau catat. Sejauh-jauhnya Albatross terbang, burung ini hanya pulang ke satu rumah dan hanya berkembang biak bersama satu pasangan.


8. Rayap

Hewan

Ratu rayap dan Rajanya akan terus bahu-membahu melahirkan koloni rayap sepanjang mereka hidup.


9. Tikus Padang Rumput

Hewan

Tikus padang rumput (prairie vole) seringkali hanya memiliki satu pasangan hingga mati. Ciri khasnya ialah perilaku yang saling mendukung antar pasangan, saling memanjakan, juga bergantian merawat anak-anaknya.


10. Elang Botak

Hewan

Burung ini merupakan lambang nasional Amerika Serikat. Tak usah meragukan soal kesetiaan yang dimiliki burung ini. Elang botak hanya memiliki satu pasangan seumur hidup. Kecuali ketika pasangannya mati atau mandul.