Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Jenis Bentuk Puting Payudara


Seperti halnya bentuk payudara, bentuk puting payudara juga cenderung tidak sama. Antara puting kanan dan kiri, jarang ada yang benar-benar sama ukuran dan bentuknya. Bicara soal puting payudara, menurut penelitian, di dunia ini ada beberapa jenis puting payudara. inilah secara garis besar bentuk puting payudara yang dimiliki wanita.

Puting payudara normal
Ciri-cirinya ialah puting terletak beberapa milimeter dari areola (daerah yang melingkari puting). Puting ini akan berubah mengeras dan tegang ketika ada stimulasi.

Puting payudara flat
Puting payudara berbentuk flat bekerjsama masih termasuk puting normal, bab puting agak masuk ke dalam payudara. Dan biasanya tidak menonjol keluar sekalipun ada stimulasi.

Di beberapa kasus, puting jenis ini akan keluar ketika menyusui.
Puting payudara puffy
Puffy artinya gemuk dan berisi, dan terlihat menonjol serta ukurannya agak besar. Namun, puting jenis puffy ini berarti bab areolanya yang jauh lebih gemuk dan berisi.

Puting payudara inverted
Inverted atau disebut juga terbalik, yang artinya beliau masuk ke dalam. Puting jenis ini dibagi lagi menjadi tiga jenis.
A. Yang mampu keluar dengan normal ketika ada stimulasi atau ketika menyusui.
B. Yang mampu ditarik keluar melalui operasi
C. Yang tidak mampu ditarik keluar sekalipun telah menjalani operasi. Umumnya pada kasus ini akan dibuat puting gres dengan cara operasi.

Lihat gambar berikut untuk mencari tahu apakah jenis puting payudara Anda tergolong normal atau tidak.
Merawat puting yang cenderung masuk ke dalam mampu dilakukan dengan cara massage menggunakan air hangat. Lakukan massage lembut memutar searah jarum jam kemudian mengangkat ke atas, sehingga perlahan puting akan keluar secara alami.