Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tradisi Unik dari Seluruh Dunia untuk Menyambut Kelahiran Bayi

: Kelahiran seorang bayi biasanya disambut dengan perayaan atau tradisi budaya, yang digambarkan sebagai wujud rasa suka cita orang bau tanah atas kelahiran buah hati mereka. Setiap kawasan memiliki tradisinya masing-masing dan ada begitu banyak keunikan yang mampu kita temui dalam upacara penyambutan kelahiran bayi. 


Kelahiran

Penasaran? Nah, berikut ialah lima tradisi unik dari seluruh dunia untuk menyambut kelahiran bayi. Mari kita simak bersama!


1. Jepang

Kelahiran

Setelah anak lahir, tali pusar bayi akan ditaruh di dalam kotak kayu bersama dengan boneka kecil yang mewakili sosok bayi sedang tidur memakai kimono. Tali pusar bayi biasanya ditempatkan di dalam kimono. Tradisi ini diyakini dapat menjaga korelasi konkret antara anak dan ibu. Kemudian satu ahad setelah anak lahir, orang bau tanah dan kerabat erat akan mengadakan upacara penamaan bayi yang disebut Oshichiya, di mana anak mendapatkan namanya resminya di depan Butsudan (altar rumah Buddha).


2. Mesir

Kelahiran

Setelah tujuh hari kelahiran bayi, masyarakat Mesir akan mengadakan upacara penamaan yang disebut Sebooh. Dalam tradisi ini, seorang ibu akan menempatkan bayinya ke dalam sebuah keranjang besar putih dan kemudian menggoyangnya dengan lembut. Hal ini diyakini dapat membantu bayi yang gres lahir untuk menjadi terbiasa dengan liku-liku kehidupan. Selanjutnya, bayi akan diletakkan di atas selimut di lantai, dengan pisau yang ditaruh di sepanjang dadanya untuk mengusir roh jahat, sementara para tamu membuatkan biji-bijian, emas, dan hadiah lainnya di sekelilingnya.


3. China

Kelahiran

Dalam tradisi China, dikala usia bayi menginjak satu bulan, orang bau tanah dan kerabat akan mengadakan upacara Bulan Purnama. Upacara ini diadakan untuk memperingati bulan penuh yang pertama untuk kehidupan seorang bayi, dan ini menjadi peristiwa penting untuk anak yang gres lahir. Dalam tradisi ini, para kerabat dan teman-teman akan berkumpul untuk menunjukkan berkat dan hadiah untuk bayi. Uniknya, dalam tradisi ini, orangtua bayi juga menunjukkan hadiah kepada kerabat dan teman-teman mereka.


4. Jamaika

Kelahiran

Dalam tradisi Jamaika, setelah ibu melahirkan, tali pusar bayi akan ditanam di sebuah lokasi khusus dan kemudian ditancapkan pohon di atasnya. Pohon itu disediakan oleh orang tua, wali baptis, atau kerabat dan teman-teman. Pohon itu ialah alat untuk mengajarkan kepada anak perihal cara bertanggung jawab atas kehidupan mereka. Pohon ini juga digunakan untuk menunjukkan kepada anak bahwa ini awal dari hidupnya dan beliau harus mengurusnya.


5. Trinidad dan Tobago

Kelahiran

Di Trinidad dan Tobago, dikala orang mengunjungi bayi yang gres lahir, mereka biasanya menaruh uang di tangan bayi untuk membawa kemakmuran dan berkah yang baik bagi bayi tersebut. Kebiasaan lain dari negara ini ialah beberapa orang bau tanah tidak mengizinkan orang lain untuk datang ke rumah mereka setelah jam 18.00, sebab diyakini embun malam akan membuat bayi sakit.

Inilah lima tradisi unik yang dilakukan masyarakat di beberapa negara untuk menyambut kelahiran seorang bayi. Bagaimana dengan di kawasan Anda?