8 Foto Gunung di INdonesia Pada Zaman Belanda

Hal-Hal Aneh DIDUnia 97
Sejak zaman Belanda ternyata gunung gunung di indonesia sudah diabadikan keberadaannya. nah berikut 8 foto Gunung di indonesia pada zaman belanda :

1. Gunung Kelud 
baru saja menyemburkan Larvanya, semua perhatian menuju ke salah satu gunung berapi di daerah jawa timur ini, Setelah erupsi Sinabung yang belum juga usai, kini G. Kelud juga erupsi. beberapa waktu yang lalu langit sebagian daerah di jawa tertutup oleh bubuk Vulkanik semburan dari G. Kelud. mungkinbeum banyak yang belum tahu, seperi apa Gunung Kelud Pada tahun 1890. berikut yakni foto gunung kelud masa lalu.

Gunung Kelud 1890

Amazing Kelud

Kawah G. Kelud


2. Gunung Semeru, 
Gunung Semeru atau Sumeru yakni gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Kawah di puncak Gunung Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko. osisi gunung ini terletak di antara wilayah manajemen Kabupaten Malang dan Lumajang, dengan posisi geografis antara 8°06′ LS dan 120°55′ BT. (wikipedia)

Ranu Kumbolo di Zaman Belanda

Patung Arcopodo di gunung Semeru

Puncak Mahameru

Ranu Kumbolo

Tanjakan Cinta


3. Gunung Bromo
Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut itu berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Bentuk badan Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi. Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa bulat dengan jari-jari 4 km dari sentra kawah Bromo.

Pemandangan Gunung Bromo

Tangga menuju puncak Bromo

Kawah Bromo

Amazing Bromo


4. Gunung Rinjani
adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl serta terletak pada lintang 8º25′ LS dan 116º28′ BT ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia alasannya keindahan pemandangannya. Gunung ini merupakan episode dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha dan ini akan diusulkan penambahannya sehingga menjadi 76.000 ha ke arah

Gunung Rinjani

Segara Anak Rinjani

Anak Gunung Rinjani


5. Krakatau
adalah kepulauan vulkanik yang masih aktif dan berada di Selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatra. Nama ini pernah disematkan pada satu puncak gunung berapi di sana (Gunung Krakatau) yang sirna alasannya letusannya sendiri pada tanggal 26-27 Agustus 1883. Letusan itu sangat dahsyat; awan panas dan tsunami yang diakibatkannya menewaskan sekitar 36.000 jiwa. Sampai sebelum tanggal 26 Desember 2004, tsunami ini yakni yang terdahsyat di daerah Samudera Hindia. Suara letusan itu terdengar hingga di Alice Springs, Australia dan Pulau Rodrigues erat Afrika, 4.653 kilometer. Daya ledaknya diperkirakan mencapai 30.000 kali bom atom yang diledakkan di Hiroshima dan Nagasaki di simpulan Perang Dunia II.

Anak Krakatau


6. Gunung Arjuno (atau Gunung Arjuna, dalam nama kuno)
terletak di Malang, Jawa Timur, bertipe Strato dengan ketinggian 3.339 m dpl dan berada di bawah pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soeryo. Biasanya gunung ini dicapai dari tiga titik pendakian yang cukup dikenal yaitu dari Lawang, Tretes dan Batu.

Gunung Arjuna

Pendakian Gunung Arjuna

Pemandangan gunung Arjuna


7. Gunung Merapi (ketinggian puncak 2.968 m dpl, per 2006)
adalah gunung berapi di episode tengah Pulau Jawa dan merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia. Lereng sisi selatan berada dalam manajemen Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sisanya berada dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang di sisi barat, Kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur, serta Kabupaten Klaten di sisi tenggara. Kawasan hutan di sekitar puncaknya menjadi daerah Taman Nasional Gunung Merapi semenjak tahun 2004

Puncak Merapi

Pendakian Merapi


8. Gunung Merbabu
adalah gunung api yang bertipe Strato (lihat Gunung Berapi) yang terletak secara geografis pada 7,5° LS dan 110,4° BT. Secara administratif gunung ini berada di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan,Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara, Provinsi Jawa Tengah.

View Merapi dari Merbabu

Savana Merbabu

Artikel ini diambil dari
http://terselubung.in/8-foto-gunung-di-indonesia-pada-zaman-belanda/