Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Penyakit Akibat Putus Cinta


Ada baiknya Anda tak terlalu resah dan duka ketika sedang putus cinta. Pasalnya, hal itu memang tak baik bagi kondisi kesehatan badan Anda. Jadi, selain sakitnya di hati dan di pikiran, juga mampu membuat raga Anda dilanda problem kesehatan.

Saat Anda sedang putus cinta, bantu diri Anda untuk lebih termotivasi dan bangun dari kesedihan, jikalau tidak, 8 penyakit ini mengancam kesehatan Anda.

Insomnia
Saat seseorang sedang mengalami patah hati dan putus cinta, pikirannya biasanya lebih sibuk dan kalut, sehingga badan jadi lebih cemas tanpa kita sadari. Awas, Anda mampu terlalu banyak berpikir sampai malam tiba dan membuat Anda susah terlelap di malam hari.


Masalah Pencernaan
Stres paling mampu mensugesti kondisi badan Anda, terutama problem pencernaan. Karena Anda tak berhenti bersedih, kortisol mengacaukan indeks glikemik dan membuat nafsu makan menurun. Ini akan beresiko membuat Anda sakit lambung sampai diare parah.


Kelelahan
Dalam kondisi pikiran yang kurang bahagia, membuat kita seringkali lebih lemah dari biasanya. Mau melaksanakan apapun tak semangat. Atau, tenaga yang dimiliki tak berimbang dengan acara impulsif yang kita lakukan untuk pelampiasan.


Sakit Kepala
Ada kalanya kita terlalu tegang memikirkan sesuatu sehingga kepala kita jadi pening. Begitupula ketika kita duka atau terlalu marah. Sakit kepala juga mampu disebabkan karena kita kurang nafsu makan.


Kerusakan Memori
Putus cinta mampu mensugesti sistem kognitif seseorang. Saking depresinya, mereka mampu bertindak di luar kesadaran. Misalnya bekerja habis-habisan, sering lupa dan sering tidak konsentrasi.


Goncangan Jiwa
Yang namanya putus cinta pasti menjadi pukulan berat bagi seseorang. Oleh karena itu kita mampu mengalami goncangan jiwa. Menjadi cepat marah, mudah menangis, bahkan tendensi untuk bunuh diri. Bila Anda rentan pada hal menyerupai ini, pastikan Anda bersahabat dengan seseorang yang mampu menemani Anda sehingga tidak kacau ketika Anda sendirian.


Degup Jantung Tak Beraturan
Stres akhir putus cinta mampu menimbulkan problem pada jantung. Mulai dari degup jantung tak beraturan sampai sakit jantung serius. Latihan relaksasi mampu membantu Anda mengatasi banyak sekali problem yang membuat jantung Anda lebih stabil.


Anorexia
Penyakit ini bahwasanya berafiliasi dengan mind set. Biasanya karena kita tak percaya diri pada penampilan dan berpikiran bahwa kita putus karena ada orang lain yang lebih rupawan dan langsing. Tingkatkan pikiran nyata bahwa cinta bukan sekedar urusan penampilan, namun juga kecocokan jiwa