Keindahan Desain Interior Masjid Nasir Al Mulk

Hal-Hal Aneh DIDUnia 97

Ketika kita mendengar atau membaca wacana bangunan sejarah, biasanya kita membayangkan lengkungan-lengkungan yang indah, menara-menara yang menjulang, ukiran-ukiran dan dinding-dinding batu, namun sebagian besar dari kita mungkin tidak berpikir wacana warna-warna cerah dan bersemangat.

Masjid Nasir al-Mulk, menyerupai yang digambarkan oleh foto-foto dibawah ini, yaitu pengecualian yang terang dan berpengaruh untuk gagasan bahwa struktur bangunan bersejarah biasanya kusam dan agak kurang dalam warna. Tidak hanya beling jendela yang kaya warna, tapi dindingnya menampilkan array yang mengagumkan dan berseri berwarna-warni dari ubin geometris yang dicat.

Pembangunan masjid dimulai pada tahun 1876 dan simpulan pada 1888 di Shiraz, Iran atas perintah Mirza Hasan Ali Nasir al Mulk, penguasa dari dinasti Qajar. Jendela beling warna menangkap cahaya pagi dan menciptakan sebuah drama cahaya yang mengagumkan di lantai masjid, sehingga mendapat nama “Masjid Pink” dan mengundang fotografer untuk menangkap keindahannya. Meskipun beberapa ubin yang menghiasinya berwarna mawar, tnamun masjid sepertinya mencakup hampir setiap warna di bawah cahaya matahari.
Masjid ini memiliki banyak unsur arsitektur tradisional Islam menyerupai lengkungan iwan dan air mancur sentra untuk wudhu, tapi beling warna dari jendela relatif jarang dimiliki oleh masjd-masjid lain. Hanya beberapa masjid, menyerupai Masjid al-Aqsa dan Masjid Biru di Istanbul, yang memiliki jendela beling warna.






Artikel ini diambil dari
http://terselubung.in/keindahan-desain-interior-masjid-nasir-al-mulk/