Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memakai Pelumas ternyata Bisa Merusak Kualitas Sperma

: Memakai pelumas yaitu salah satu cara yang dilakukan pasangan untuk membuat seks menjadi semakin menyenangkan. Namun tahukah Anda bahwa pelumas ternyata menunjukkan efek buruk pada sperma? Berdasarkan penelitian terbaru, pelumas bisa mengurangi kemampuan sperma untuk berenang dan mencapai sel telur.

Memakai

Hasil penelitian ini ditemukan oleh peneliti dari State University of New York Upstate Medical University. Mereka melaksanakan pengamatan terhadap pelumas dan efeknya terhadap sel sperma.

Peneliti menemukan bahwa pelumas bisa menurunkan kualitas sperma hingga 20 persen hanya dalam waktu 30 menit. Bahkan ada pelumas yang bisa menurunkan kemampuan bergerak sperma hingga 75 persen. Hal ini tentunya tak baik alasannya yaitu sperma membutuhkan kemampuannya untuk berenang semoga bisa mencapai sel telur.

Meski begitu, kabar baiknya, efek tersebut akan segera hilang bila Anda tak menggunakan pelumas. Ini berarti pelumas tersebut tak menunjukkan dampak lanjutan atau dampak permanen terhadap kualitas sperma Anda bila Anda tak menggunakannya.

Meski penurunan kualitas sperma tak selalu berarti Anda tak bisa membuat pasangan hamil, namun penurunan kemampuan sperma hingga 50 persen tentunya akan membuat pasangan sulit hamil. Jika Anda berencana untuk segera memiliki momongan, sebaiknya hindari penggunaan pelumas, ungkap Dr Lauren Streicher, seorang ginekolog dari Northwestern Memorial Hospital.

Peneliti juga menekankan bahwa meski menurunkan kualitas sperma, namun bukan berarti pelumas akan bekerja ibarat kondom. Pelumas tak bisa digunakan sebagai alat pencegah kehamilan. Karena meski pelumas menurunkan pergerakan sperma, namun hanya diharapkan satu sperma yang hingga ke sel telur wanita untuk pembuahan. Jika ingin mencegah kehamilan, tetap gunakan kondom dan jangan merasa aman hanya dengan menggunakan pelumas.