Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mesin ATM ternyata mampu dirampok dengan SMS

: Perkembangan jaman memang sudah semakin canggih, banyak sekali macam alat telah diciptakan dan memiliki kegunaaan yang sangat luar biasa. Bahkan tak tanggung-tanggung, akhir jaman yang semakin canggih ini membuat penemuan gres yang sering bermunculan ibarat cara canggih untuk merampok mesin ATM dengan melalui SMS.


Perkembangan

Hal ini sungguh sangat menggemparkan dunia, bagaimana tidak mesin ATM saja yang dianggap sangat aman masih mampu dirampok, dan bahkan yang bikin luar biasa hanya menggunakan SMS.

Mengapa hal ini mampu terjadi? Karena sekitar 95% mesin ATM yang beredar di dunia ternyata memiliki kelemahan, sehingga mampu membuat banyak penjahat mampu merampoknya bahkan melalui SMS.

Hal ini dikarena hampir semua mesin ATM masih menggunakan Windows XP. Dan sistem operasi ini memiliki banyak celah. Banyak penjahat dunia maya telah menargetkan mesin ATM dengan serangan yang cukup canggih.

Tentunya hal ini akan menjadi persoalan besar bagi isndustri perbankan. Ditambah lagi telah dikatakan bahwa 8 April nanti Windows XP akan dimatikan dukungannya oleh Microsoft. Hal ini akan membuat industri perbankan harus menghadapi persoalan yang besar, alasannya serangan cyber mulai membidik ATM.

Daniel Regalado yang merupakan seorang analis malware Symantec mengatakan bahwa ia telah menemukan malware yang berjulukan Backdoor.Ploutus, yakni kegiatan jahat yang diketahui sedang beredar di Amerika Serikat.

Backdoor.Ploutus merupakan kegiatan canggih yang akan digunakan oleh penjahat dunia maya untuk merampok ATM melalui SMS. Setelah masuk ke dalam mesin ATM, pembuat malware tersebut akan memberi perintah untuk mengeluarkan uang melalui SMS. Kemudian, setelah uang yang diinginkan itu keluar, penjahat tersebut tinggal masuk untuk mengambilnya.

Menurut Daniel, cara ini sungguh sangat aman dan paling efektif untuk melaksanakan perampokan di mesin ATM.