Padang Pasir Berair ?

Hal-Hal Aneh DIDUnia 97
Taman Nasional Lençóis Maranhenses terletak di negara bab Maranhão, di timur laut Brasil, ialah salah satu tempat yang paling mengagumkan dan unik di dunia. Suatu kawasan seluas sekitar 1000 kilometer persegi pasir halus putih mensekat sekat ribuan oasis atau laguna berwarna hijau.
Sepintas lalu, Lençóis Maranhenses terlihat menyerupai gurun pada umumnya. Namun sesungguhnya bukanlah benar-benar gurun sama menyerupai Tottori Sand Dunes, di jepang, yang juga bukan. Berlokasi sempurna di luar lembah Amazon, wilayah ini tunduk pada ekspresi dominan hujan yang datang teratur selama awal tahun. Air hujan terakumulasi di lembah-lembah di antara bukit pasir dan membentuk laguna biru dan hijau yang akan penuh antara bulan Juli dan September. Meskipun selama ekspresi dominan kemarau laguna laguna ini mengering dan lenyap, namun secara mengejutkan laguna laguna ini menjadi rumah dari banyak sekali jenis ikan setiap ekspresi dominan hujan dan air memenuhinya. Dikarenakan telur telur ikan yang dibawa burung burung terjatuh di kawasan ini dan itulah yang membuat laguna laguna kadang berisi ikan.Mangrove pantai gurun, buritis – semacam pohon palem yang anggun – dan Sungai Preguiças membantu menyusun keragaman hayati didaerah ini, meskipun kawasan ini memiliki air, namun jarang terdapat tumbuhan.

Lençóis Maranhenses telah dibentuk selama ribuan tahun, pasir dari dasar sungai tersimpan di verbal sungai dan dibawa kembali ke daratan oleh angin dan arus laut.
Kemajuan bukit sejauh 31 mil ke arah daratan dengan peregangan sepanjang 27 mil dari garis pantai, sebagian besar ialah pantai gurun. Beberapa laguna di Taman Nasional Lençóis Maranhenses sangat besar. Lagoa Azul dan Lagoa Bonita berada akrab dengan kota Barreirinhas. Lagoa tropis, juga layak dikunjungi, yaitu yang berada didekat desa Atins. Lagoa da Gaivota (Seagull Lagoon), salah satu laguna terbesar dan paling indah, akrab Santo Amaro do Maranhão, sebuah desa yang terletak sekitar 60 mil dari Barreirinhas.

Waktu terbaik untuk mengunjungi taman ini kira-kira antara bulan Mei hingga September, ketika ketika itu matahari cerah dan laguna masih tetap penuh.


Buka juga ya, blog yang berisi dongeng perihal penulis ^^ http://b-silas.blogspot.com/ hehe terima kasih :D

Artikel ini diambil dari
http://terselubung.in/unik/padang-pasir-yang-kebanjiran.html