Pallasite Fukang – Meteorit Terindah di DUnia

Hal-Hal Aneh DIDUnia 97
Fukang meteorit ditemukan di pegunungan erat Fukang, Cina pada tahun 2000. Pallasites yaitu jenis stony-iron meteorit dengan kristal olivin yang indah.

Terkenal di Dunia sebagai pola paling spektakuler dari kemegahan kosmik alam, pallasite Fukang tak diragukan lagi menjadi salah satu penemuan meteorit terbesar masa ke-21. Batu menakjubkan ini beratnya lebih dari £ 925 (lebih dari 420 kilogram). Pallasite Fukang menampilkan kristal berwarna kuning-hijau celestial dan olivin dalam matriks nikel-besi. Irisan backlit dari watu Fukang yaitu jendela beling patri yang dibuat dalam tata surya kuno.
Pallasites sangat langka bahkan di antara meteorit (hanya sekitar 1% dari seluruh meteorit) dan dari meteorit, meteorit jenis inilah, sejauh ini, yang paling memikat. Ini yaitu watu permata bintang terdiri dari sekitar 50% olivin (peridot), 50% nikel-besi dan 100% keindahan yang memukau . Harta yang mengagumkan ini dianggap sebagai relic pembentuk planet.

Meteorit Fukang, diyakini berusia hampir 4,5 miliar tahun atau hampir setua bumi. Ditemukan oleh pejalan kaki. Pria itu sering berhenti dan makan siang di atas watu ini, dan beliau selalu bertanya-tanya terbuat dari logam dan kristal apa watu tersebut. Dia alhasil mengambil palu dan pahat dan memotong watu beberapa potongan, yang kemudian ia kirim ke Amerika Serikat untuk mengkonfirmasi bahwa itu yaitu meteorit.
“Massa utama” atau bab terbesar dari spesimen meteorit Fukang ini menampilkan, kepada manusia, penampang terbesar dari jenis materi ini di bumi. Fukang pallasite yang berukuran 36 x 19-inci memperlihatkan jendela ke mosaik kristal absurd yang berasal dari luar bumi. Penemuan yang tak tertandingi ini yaitu harta yang luar biasa – sebuah prestasi fenomenal alam.
Artikel ini diambil dari