10 Fakta Bahasa Yang Hampir Punah Di Dunia

Bayangkan kalau di alam semesta atau DI DUNIA ini tidak ada bahasa atau anda sama sekali tidak mengerti bahasa apapun! asing kan ?


 Bayangkan kalau di alam semesta atau DI DUNIA ini tidak ada bahasa atau anda sama sekali t 10 Fakta Bahasa Yang Hampir Punah Di Dunia

Di dunia ini terdapat ribuan bahkan ratusan ribu bahasa yang ada di setiap negara dan tempat masing masing, dan yang paling unik dan menarik yakni negara kita ini yaitu negara indonesia yakni negara dengan banyak sekali macam bahasa terbanyak di dunia :) 

Tapi aneh nya di beberapa tempat juga ada beberapa bahasa yang hampir punah atau hampir tehapus keberadaannya dari alam raya ini .
Dan inilah bahasa yang terancam punah keberadaanya di seluruh dunia, dan menariknya bahwa salah satu bahasa yang hampir punah ini ada juga yang terdapat di Indonesia :
Cekidot :D


1. Chamicuro (Chamekolo, Chamicolo, Chamicura)

Di seluruh dunia cuma ada 8 orang yang berbicara memakai bahasa Chamicuro ini dan orang itu pun sudah pada renta atau renta, dikarenakan sudah tidak ada lagi anak anak atau remaja yang berbicara memakai Chamicuro alasannya di tempat ini kini telah memakai bahasa Spanyol sebagai bahasa sehari hari mereka.


2. Dumi (Dumi Bo’o, Bro Dumi, Lsi Rai, Ro’do Bo ‘, Sotmali)

Sama ibarat bahasa di atas, hanya ada 8 orang yang berbicara memakai bahasa ini di dunia. benar benara sangat kritis dan terancam dari kepunahan.



3. Ongota / Birale
Tahun 2008 yang kemudian bahasa ini hanya di gunakan oleh 6 orang orang yang sudah berusia lanjut dan ongota yakni bahasa yang di gunakan di tempat Ethiopia di tepi barat Sungai Weito di tempat pedesaan kecil.



4. Liki (Moar)

Yang berbicara memakai bahasa ini sehari sehari cuma ada 5 orang di dunia. bab yang paling menarik dan unik dari bahasa ini yakni bahasa ini berasal dari gabungan bahasa dari beberapa tempat diantaranya Austronesia, Timur Tengah, Malayo-Polynesia, Kelautan, Barat Kelautan, Timur Malayo-Polynesia, North New Guinea, Sarmi-Jayapura Bay, dan Sarmi.


5. Tanema (Tanima, Tetawo)

Tanema ini yakni bahasa adonan dari Austronesia dan juga bahasa Melayu-Polinesia Tengah-Timur, dan juga Kelautan. dan hanya sedikit orang di dunia yang memahami bahasa ini .

6. Njerep Bantoid
Nama yang asing ya ? haha, yak Njerep Bantoid ini yakni bahasa yang diucapkan di tempat Nigeria. Bahasa ini juga pernah di gunakan di tempat Kamerun tapi kini sudah tidak lagi. Dan menariknya cuma ada 4 orang yang masih berbicara Njerep ini.

7. Chemehuevi
Sebuah studi yang di lakukan pada tahun 2007 silam menunjukan bahwa cuma ada 3 orang yang sepenuhnya berbicara memakai bahasa ini dan semuanya juga orang dewasa.

8. Lemerig (Pak, Bek, Sasar, Leon, Lem)

Yang memakai bahasa ini dengan lancar di dunia kini cuma ada dua orang, berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 lalu.


9. Kaixana (Caixana)

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2006 yang kemudian mengatakan bahwa cuma ada satu orang yang memakai bahasa itu dengan lancar.
Trus gimana ?
Orangnya meninggal juga pribadi punah itu bahasa hehe

10. Taushiro (Pinche / Pinchi)

Bahasa ini juga sama ibarat bahasa yang di atas, cuma ada 1 orang yang menggunakannya.
Trus bagaimana ? yaudah umur bahasa ini juga sesuai umur orang tersebut.