Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Backup dan Restore Semua Aplikasi di Android Tanpa Root

Melakukan backup data dan aplikasi di Android kau yakni hal penting yang harus kau lakukan. Karena kau tidak pernah tahu kapan duduk perkara serius akan melanda smartphone kau sehingga harus melakukan factory reset.
Meski mampu melaksanakan backup aplikasi menggunakan Clean Master, tapi ribet kan kalo harus instal manual satu persatu aplikasinya? Menyadari pentingnya hal itu, Jaka akan memberikan cara untuk mudah melaksanakan backup dan restore semua aplikasi Android tanpa root.
Jika sebelumnya Jaka pernah memberikan cara backup dan restore aplikasi di Android yang sudah rootmenggunakan Titanium Backup, kali ini Jaka akan menunjukkan cara backup aplikasi Android yang belum di root. Bagi kau yang takut melaksanakan root alasannya yakni alasan keamanan atau takut hilangnya garansi, dengan menggunakan tips dari Jaka kali ini kau pun mampu melaksanakan backup dan restore aplikasi Android dengan mudah. Tanpa harus instal manual satu persatu lagi.

Cara Melakukan Backup dan Restore Aplikasi Android Tanpa Root

Jika Titanium Backup mengharuskan Android kau dalam keadaan root, maka untuk kau yang Androidnya belum root mampu menggunakan Helium - App Sync and Backup. Aplikasi buatan ClockworkMod ini memungkinkan kau untuk melaksanakan backup aplikasi ke ke SD Card atau ke cloud storage. Berikut cara menggunakan Helium untuk backup data aplikasi di Android kamu.

Instal Helium - App Sync and Backup

Sebelumnya, supaya mampu backup dan restore aplikasi di Android tanpa root, instal terlebih dahulu aplikasi Helium - App Sync and Backup di Android kamu. Kamu mampu menggunakan link yang Jaka sediakan dibawah untuk mendownload apk Helium eksklusif dari Android kamu. Tenang, apk yang tersedia di Jalan Tikus dijamin aman dari bahaya malware kok.

Instal Helium Desktop Installer

Untuk mampu menggunakan Helium - App Sync and Backup, kau terlebih dahulu harus mengaktifkan fiturnya lewat komputer. Tergantung perangkat komputer yang kau gunakan, silakan unduh software yang diharapkan lewat link unduh Helium Desktop Installer.

Oh iya, bagi kau yang malas menginstal software baru, kau juga mampu menggunakan ekstensi Helium Backup di browser Google Chrome. Caranya, pasang ekstensinya lewat link ekstensi Helium Backup, atau cari di Chrome Web Store.
Caranya, instal software Helium Desktop Installer di komputer kamu. Lalu buka Helium di komputer.
Aktifkan USB Debugging pada perangkat Android kau lewat Developer Options. 
Hubungkan perangkat Android kau ke komputer. Lalu tunggu proses pengaktifan fitur Heliumnya selesai.

Cara Menggunakan Helium - App Sync and Backup

Setelah mengaktifkan Helium - App Sync and Backup di Android kamu, selanjutnya kau mampu mulai melaksanakan proses backup Android tanpa root. Caranya:
  1. Buka aplikasi Helium - App Sync and Backup di Android kamu. Dan disini kau akan dihadapkan pada pilihan untuk memilih semuanya, atau kau juga mampu melakukannya dengan memilihnya secara manual.
    Untuk memilih secara manual aplikasi mana saja yang akan dibackup, kau mampu melakukannya dengan cara swipe pada tab backup. Lalu pilih aplikasi yang akan dibackup.
    Jika memilih semua aplikasi, kau cukup memilih Select All.
    Kamu mampu mengatur apakah yang akan dibackup oleh Helium yakni datanya saja, atau juga beserta file aplikasinya. Jika hanya datanya saja, kau akan memiliki file backup dengan ukuran kecil, tapi harus mendownload ulang aplikasinya sebelum restore. Jaka sarankan full backup, bukan hanya datanya saja.
    Selanjutnya pilih Backup. Sebelum melaksanakan backup, kau akan dihadapkan pilihan untuk lokasi penyimpanan hasil backupnya. Bisa di Internal Storage, External Storage atau Cloud Storage. Kamu juga mampu melaksanakan Schedule Backup.
    1. Silakan tunggu sampai proses backup selesai.
    Selesai backup, Jaka sarankan untuk memindahkan hasil backup tersebut ke memori card atau ke komputer untuk berjaga-jaga. Selain itu, bila file backupnya disimpan di internal, tentu akan memakan ruang penyimpanan smartphone kau kan?

    Cara Restore Menggunakan Helium - App Sync and Backup

    Jika sudah melaksanakan backup, maka kau akan aman melaksanakan factory reset bila sewaktu-waktu terjadi duduk perkara di Android kamu. Kamu tinggal melaksanakan restore bila telah melaksanakan factory reset atau data. Untuk melaksanakan restore menggunakan Helium - App Sync and Backup, caranya mudah:
  2. Masuk tab Restore and Sync di aplikasi Helium pada Android kamu.
  3. Pilih lokasi penyimpanan yang kau gunakan untuk menyimpan file hasil backup kamu. Apakah internal storage atau Cloud Storage.
    Selanjutnya pilih aplikasi apa saja yang akan direstore, atau kau juga mampu restore semua aplikasi yang dibackup sekaligus.
     
  4.     Tunggu sampai proses restore selesai.
    Gimana, mudah bukan cara melaksanakan backup dan restore aplikasi di Android meski tanpa root? Dengan begini, kau tidak perlu repot-repot instal aplikasi secara manual lagi bila telah melaksanakan wipe data atau factory reset. Selamat mencoba!
    sumber : jalantikus.com