Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Menggunakan Android Tanpa Menekan Tombol Fisik

Smartphone Android merupakan ponsel bakir dengan sistem operasi paling laku dikala ini di dunia. Hal ini tidak perlu dibuktikan lebih jauh. Coba saja kau lihat sekeliling kamu, pasti hampir sebagian besar dari mereka menggunakan smartphone Android. Hal ini disebabkan banyaknya vendor yang menunjukkan penawaran menarik untuk produk smartphone Android yang murah.

Banyak sekali hal yang mampu kau lakukan dengan menggunakan smartphone Android. Namun, apakah kau tahu cara menggunakan Android tanpa menekan tombol fisik sama sekali? Mungkin terdengar aneh, tetapi kau wajib mencobanya biar menambah pengalaman bermain smartphone kau semakin meningkat. Terus bagaimana caranya? Jaka beri tahu cara menggunakan Android tanpa tombol fisik.

Cara Menggunakan Android Tanpa Tombol Fisik

Gunakan Aplikasi Button Savior Non-Root

Gunakan Aplikasi Button Savior Non-Root

Patut diingat, untuk mencoba cara menggunakan Android tanpa menekan tombol fisik sedikit pun dalam artikel ini, hanya mampu diterapkan pada smartphone yang tidak di-root. Jika kau sudah root ponsel bakir kamu, lebih baik tidak perlu mencoba cara satu ini. Makin penasaran? So, ikuti langkah-langkah di bawah ini ya.
  • Download dan instal aplikasi Button Savior Non Root. Setelah itu, pergi ke Settings, lalu menuju Accessibility dan aktifkan Button Savior (non root).
  • Selanjutnya, kau akan melihat sebuah ikon kecil di sisi kanan. Jika ditekan, maka akan keluar beragam opsi yang biasanya harus kau lakukan dengan menekan tombol fisik.
  •  

 

  • Kamu juga mampu kustomisasi fitur ini. Pilih opsi tiga titik, dan pilih salah satu kotak yang ingin kamu custom. Di sini, kau akan ditampilkan beragam pilihan, silakan tentukan sesuai yang kau suka.
  • Jika ingin mengunci layar, sekali lagi nggak perlu tekan tombol fisik. Cukup menekan ikon Power. Namun, sebelum menggunakannya, kau harus mengaktifkan dulu di opsi Enable Screen Lock yang dapat kau buka di aplikasi Button Savior (non root).
  •  
Menarik bukan? Sekarang, tombol fisik kamu dapat lebih awet daripada sebelumnya. Jagalah smartphone kau baik-baik, karena membeli smartphone Android meski harganya murah pun, tetap saja membuang-buang uang kamu. Oh ya, bagaimana kalau ingin membuka kunci? Tenang, semua ada jawabannya.

Pakai Fitur Gesture & Motion Bawaan Smartphone

Benar, sekarang kebanyakan smartphone Android sudah memiliki fitur Gesture & Motion seperti Double Tap To Wake di dalamnya. Jadi, kau nggak perlu repot untuk ribet-ribet lagi mengaturnya. Tinggal aktifkan mode ini, lalu selesai deh. Kamu hanya perlu mengetuk layar dua kali, kemudian geser layar dan selesai. Untuk mengaktifkannya, kau perlu menuju Settings > Screen-off gestures > aktifkan Double tap to wake up.

Jika Nggak Punya Fitur Bawaan, Gunakan Aplikasi DTSO

Mungkin ada benarnya, kalau tidak semua smartphone memiliki fitur bawaan smartphone Android untuk membuka kunci layar smartphone. Nah, cara menggunakan Android tanpa menekan tombol fisik selanjutnya, termasuk membuka kunci layar yakni dengan menggunakan aplikasi DTSO: Double Tap Screen On Off.
  • Pertama, terperinci kau harus unduh dan install terlebih dahulu aplikasi DTSO: Double Tap Screen On Off. Setelah berhasil, kau akan melihat opsi Unlock dan Lock. Pilih Unlock, kemudian pilih Activate.

 


  • Lalu, kau akan melihat sebuah peringatan dalam bentuk pop-up cara untuk uninstall aplikasi tersebut. Selanjutnya, kembali akan ada tiga opsi, Proximity Unlock, Shake To Unlock, dan Volume Button Unlock.

  • Gunakan Proximity Unlock, dan kemudian pilih Options. Ketik angka 2 pada No of Clicks to lock. Maka, ketika mau membuka kunci layar, kau hanya perlu mengetuk dua kali sensor proximity, dan terbuka sudah layar smartphone kamu.

 Itulah cara menggunakan Android tanpa tombol fisik sedikit pun. Menarik bukan? Sekarang, smartphone kau akan lebih awet. Beritahu teman-temanmu untuk melaksanakan cara ibarat ini. Selain itu, kau wajib sharepengalaman kau setelah berhasil menggunakan cara ini pada kolom komentar di bawah ya.

sumber : jalantikus.com