Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Heboh Pertamax dan Pertalite Warnanya Sama di SPBU.. !!

Seorang netizen mempertanyakan kesamaan warna materi bakar minyak (BBM) jenis Pertamax dan Pertalite dikala membeli di SPBU Cisauk, Tangerang. Dari kesamaan itu, beliau menerka adanya kecurangan.

Keluhan itu diposting lewat akun Facebook Panji Aribowo. Dia mengatakan awalnya membeli Pertamax dan Pertalite di dalam dirijen. Bensin itu hendak dijualnya kembali menjadi bensin eceran.

"PERTALITE & PERTAMAX WARNANYA SAMA? mungkin cuma di SPBU 34-15311 tempat Cisauk. Kejadian ini saya alami sendiri. Dengan rincian Rp 200 ribu PERTALITE dan Rp 300 ribu PERTAMAX yang diisi ke dalam dirigen, sampe di rumah eksklusif tuang ke botol kaca," tulis Panji.

Begitu dituang ke botol kaca, Panji mengatakan, orang tuanya sempat meragukan apakah jenis BBM yang dibeli betul Pertamax dan Pertalite. Sebab, menurut orang tuanya warna Pertamax yang dibeli seakan-akan dengan Pertalite.

Karena ragu sekaligus penasaran, Panji balasannya kembali ke SPBU. Dia membeli masing-masing Pertamax dan Pertalite sebesar Rp 20 ribu. Kali ini kedua bensin itu ditaruh di dalam botol kaca. Tidak lupa Panji merekam dikala petugas SPBU mengisinya.

"Pihak SPBU menjelaskan bahwa memang terkadang ada kesamaan warna antara PERTALITE & PERTAMAX. Yang saya tahu PERTAMAX lebih gelap warnanya dibanding PERTALITE. Dan saya sedikit beragumen soal itu, dan pihak SPBU tetap bersikeras bahwa PERTALITE & PERTAMAX SAMA WARNANYA," tulis Panji.

Setelah itu, lanjut Panji dalam postingan, ia menawarkan rekaman video dikala pengisian BBM kepada pihak SPBU. Panji diminta untuk kembali datang keesokan harinya untuk menukar Pertamax yang telah dibeli seharga Rp 300 ribu dengan yang baru.

"Saya sambil mengatakan akan menanyakan hal ini ke Pertamina pusat. Pihak SPBU tiba-tiba mengatakan untuk kembali besok dengan menukar PERTAMAX yang sudah saya beli senilai Rp 300 ribu tersebut dengan PERTAMAX baru, alasannya yaitu menurut pihal SPBU besok akan ada loading PERTAMAX yang baru," katanya.

Postingan video Panji itu kemudian viral di media umum dan telah 22.741 kali dibagikan. Selain itu, komentar netizen juga mencapai 10.196 komentar.

Menanggapi hal itu, Areal Manager Communication and Relation Pertamina Jawa Bagian Barat Yudi Nugraha Arman mengatakan, Pertamina telah melaksanakan pengecekan terhadap BBM jenis Pertamax dan Pertalite di SPBU tersebut.

"Hasil Uji Lab terhadap Sample eks SPBU tsb hasilnya On , Pertamax RON (Research Octane Number)-nya 92, sedangkan Pertalite RON nya 90,2. Berarti On Spect," ujar Yudi kepada detikcom, Selasa (15/8/2017).

Diketahui, BBM jenis Pertamax memiliki nilai oktan 92. Sementara Pertalite berada di bawahnya yakni dengan nilai oktan 90.

sumber : detik.com