Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Urutan Presiden Indonesia Berdasarkan Kekayaan, Siapa Paling Kaya ?

Semenjak merdeka pada tahun 1945, sekarang ini Indonesia sudah punya tujuh presiden yakni, Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, KH Abdurachman Wahid, Megawati Soekarno Putri, Susilo Bambang Yudhoyono, dan yang masih menjabat sebagai kepala negara ketika ini yaitu Joko Widodo.
Sebagai orang top nomor satu di Indonesia tidak hanya problem pemerintahan saja yang disorot, tapi kehidupan langsung pun ikut menjadi topik menarik buat diikuti. Salah satunya yaitu bila membicarakan soal kekayaan sang presiden.
Pasti dalam benakmu sempat terbersit pertanyaan, siapa kira-kira presiden Indonesia paling kaya selama ini? Nah, daripada penasaran mari kita ulas peringkat kekayaan presiden mulai dari yang paling besar beserta asal mula dananya satu persatu.

Soekarno, Presiden Terkaya Indonesia

Soekarno merupakan presiden pertama Indonesia. Salah satu koran di Austria, yakni Kronen Zeitung, pada Desember 2012 pernah menyebutkan apabila Soekarno mempunyai harta sebanyak 57 ribu ton emas yang diberikan pada Amerika. Pernyataan itu ditambahi dengan klaim dari Gustav Jobstmann yang mengatakan apabila harta Soekarno senilai US$ 180 miliar atau setara 22 triliun itu disimpan di Union Bank of Switzerland (UBS).
 Isu kepemilikan batangan emas itu sendiri kian gencar, terlebih ketika beberapa media online banyak memberitakan serta mengunggah foto sejumlah akta milik Bung Karno. Sumber kekayaan Soekarno sendiri banyak berasal dari bisnis yang dimiliki, selain tentunya kepemilikan tanah serta bangunan.

Soeharto, Pemimpin Indonesia yang Super Tajir

Slogan “Enak zamanku to?” pasti akan segera mengingatkan kita pada presiden kedua Indonesia, yakni Soeharto. Pada masa Soeharto sendiri banyak kebijakan bernilai positif salah satunya yaitu Swasembada Pangan. Soeharto menduduki posisi kedua presiden terkaya di Indonesia menyerupai dilansir majalah Forbes, kekayaannya diperkirakan sebesar US$4 miliar atau setara Rp55 triliun.
Soeharto sendiri memiliki banyak yayasan di mana rata-rata memberikan income yang terbilang sangat besar. Yayasan Supersemar merupakan salah satu yayasan di bawah kepemilikan keluarga Cendana yang cukup terkenal. Selain itu sumber kekayaan Soeharto juga berasal dari 3,6 hektar real estate di sejumlah kota besar di Indonesia

Megawati Soekarno Putri Ternyata juga Sangat Kaya

Putri dari Ir. Soekarno ini merupakan presiden wanita pertama di Indonesia. Dari hasil LHKPN atau Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara yang dirilis KPK 2015 silam, Megawati masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia alasannya yaitu memiliki kekayaan sebesar 59,809 miliar.

 Kekayaan Megawati sendiri berasal dari sejumlah usaha yang dia geluti bersama almarhum sang suami. Usaha yang dia miliki yaitu delapan SPBU serta sejumlah tanah dan bangunan di kawasan Jakarta yang rata-rata luasnya yaitu lebih dari 1000 m2. Beliau juga memiliki 22 mobil.

Pak Habibi dengan Kekayaannya yang Lumayan

Bacharudin Jusuf Habibie atau lebih erat dengan sebutan BJ Habibie ini menduduki posisi keempat presiden terkaya di Indonesia. Majalah Fat Eastern Economic Review melansir apabila kekayaan presiden ketiga tersebut diperkirakan sebesar US$60 juta atau setara dengan 815 miliar.
Kekayaan Pak Habibie sendiri banyak berasal dari bidang yang dia geluti. Seperti teknologi pertanian, perkebunan, juga sejumlah bisnis lainnya di kawasan Batam.

Pak SBY juga Memiliki Harta yang Melimpah

Lebih familier dengan sebutan SBY, presiden yang menjabat dua periode pemerintahan ini pernah masuk ke dalam jajaran 10 orang terkaya di Indonesia versi Majalah Forbes. Kekayaan SBY dilansir mencapai 6,8 triliun.

 Sumber kekayaan SBY didapat dari sejumlah kepemilikan bangunan dan tanah di Bogor seluas 3.185 m2 dan 954 m2. Tak hanya itu, kemungkinan pendahulu Pak Jokowi ini juga memiliki beberapa bisnis lain yang sepertinya cukup menghasilkan.

Presiden Jokowi dan Kekayaannya yang Lumayan Banyak

Presiden yang terkenal dengan kebiasaan ‘blusukan’-nya ini merupakan presiden yang masih menjabat ketika ini hingga 2019 mendatang. Soal harta, menurut LHKPN pada 2012 silam kekayaan yang dimiliki Jokowi tercatat sebesar 27,25 miliar.
Kekayaan Jowoki sendiri terhitung dari kepemilikan tanah dan bangunan seluas 1.187 m2 dan 120 m2 yang bila ditotal bernilai miliaran. Selain itu dia juga memiliki memiliki tanah lain seluas 2.140 m2 & 1.500 m2 yang bila dikonversi menjadi duit nilainya juga cukup banyak. Selain tanah, dia juga memiliki bisnis furniture yang mana juga ikut andil besar dalam sumber kekayaannya.

Gus Dur, Presiden Indonesia dengan Harta Paling Sedikit

Presiden yang sempat membuat kontroversi alasannya yaitu mengeluarkan dekrit pembubaran MPR/DPR ini tercatat sebagai presiden ketujuh terkaya di Indonesia. Dilansir dari LHKPN kekayaan Gus Dur yaitu sebesar 680 juta.
Presiden yang suka guyon dan sempat memimpin NU ini menjabat selama 20 bulan. Harta kekayaannya sendiri didapat dari kepemilikan kas dan giro. Seperti yang banyak diketahui apabila Gus Dur juga memiliki sejumlah pondok pesantren khususnya di kawasan Jombang.
Inilah urutan ketujuh presiden berdasarkan kekayaan yang dimiliki. Siapa sangka beberapa presiden kita memiliki begitu banyak harta ya. Bahkan Pak Karno katanya hingga mempunyai berton-ton emas. Sayangnya, harta sebanyak ini hingga sekarang tak pernah diketahui keberadaannya.
sumber : bombastis.com