Mau HPmu Tahan Lama ? Ini 5 Cara Merawat Smartphone Agar Selalu Awet

Smartphone adalah salah satu perangkat teknologi yang ketika ini menyerupai menjadi barang wajib. Karena itu, sudah pasti penggunanya tidak ingin smartphone mereka rusak sebab kurangnya perawatan. 

Dengan demikian, kau tak harus mengeluarkan uang lagi untuk membeli yang baru.

Nah, bagi kau yang ingin menjauhkan smartphone dari kerusakan, ada sejumlah tips yang mampu diikuti. Berikut beberapa cara untuk merawat smartphone.

1. Casing dan pelindung layar
Tak ada salahnya mengeluarkan sedikit uang tambahan untuk membeli casing dan pelindung layar.
Setidaknya, kedua pelindung itu dapat membuat smartphonekalian terlindung dari jawaban fatal benturan atau ukiran yang mampu merusak tampilannya.

Casing dan pelindung layar banyak dijual di toko-toko gadget, jadi kalian mampu memilih sesuai dengan biaya yang dimiliki.

2. Simpan di daerah yang aman

Tentukan daerah yang aman untuk menyimpan smartphoneketika sedang tidak digunakan. Pastikan daerah penyimpanan tadi tidak akan membuat smartphone kalian jatuh atau terinjak. 

Misalnya, kalian menyimpannya di atas meja dan rak buku. Lebih indah lagi jikalau daerah penyimpanan berada di akrab kalian biasa mengisi daya smartphone, sehingga mudah ditemukan.


Jangan menyimpan di dalam tas atau wadah tertutup lainnya dalam jangka lama, kecuali perangkat dalam mode off

Mengisi daya smartphone dalam wadah tertutup memiliki potensi kebakaran dan mempersingkat daya tahan baterai. Selain itu, selalu gunakan charger dan aksesoris asli.

Perhatian kondisi baterai

3. Perhatian kondisi baterai
Pastikan baterai smartphone kalian selalu kering. Sebaiknya jangan menelepon di bawah tetesan hujan, jangan makan atau minum di dekat smartphone dan hindari membawanya ke akrab daerah air terbuka menyerupai pantai dan toilet.

4. Bersihkan secara berkala
Jangan pernah malas membersihkan smartphone kalian. Ada beberapa cara sederhana yang mampu diikuti.

Salah satu caranya ialah dengan menggunakan tisu kering atau tisu alkohol untuk membersihkan permukaan atau adegan luar smartphone. Jangan gunakan air, tisu berair atau pembersih lain yang akan membuat smartphone lembab.

5. Charger sesuai kebutuhan
Jangan men-charge (mengisi daya) smartphone sembarangan, sebaiknya lakukan secara berkala. Daya tahan baterai setiap smartphone berbeda, tergantung dari penggunaannya.

Tidak ada salahnya berhemat untuk membuat daya tahan baterai lebih lama.

sumber : Liputan6.com