Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nasi Basi Jangan di Buang alasannya yaitu Ternyata Bisa Mendulang Emas

Jika kalian masih berpikir nasi bau itu yakni sesuatu yang tidak bermanfaat sebab tidak sanggup di makan dan patutnya di buang maka mulai kini kalian harus mengubah referensi pikir ibarat itu sobat.

Kenapa begitu, nah ternyata nasi bau sanggup mendulang emas sobat. Tapi tunggu dulu bukan emas atau logam mulia yang ibarat kalian pikirkan ya sobat. Melainkan nasi bau tersebut sanggup di jadikan pundi-pundi rupiah yang sangat bernilai hemat tinggi.

Jika kalian masih berpikir nasi bau itu yakni sesuatu yang tidak bermanfaat sebab tidak Nasi Basi Jangan di Buang sebab Ternyata Bisa Mendulang Emas
radarislam.com

Dilansir dari merdeka.com ternyata nasi bau yang dikira sudah tidak berkhasiat itu sanggup di dimanfaatkan sebagai Pupuk kompos dan kerajin.

Sebab nasi bau sanggup di gunakan menjadi kompos sebab nasi bau sanggup dipakai untuk menciptakan Mikro Organisme Lokal (MOL) yang mana telah di ketahui sangat manis untuk kesuburan tanah.

Jika kalian masih berpikir nasi bau itu yakni sesuatu yang tidak bermanfaat sebab tidak Nasi Basi Jangan di Buang sebab Ternyata Bisa Mendulang Emas
dkwek.com

Adapun langkah-langkah cara menciptakan kompos dari nasi bau tersebut yakni sebagai berikut.

  • Letakkan nasi bau pada mangkuk ataupun wadah kemudian biarkan menjadi berwarna orange. 
  • Setalah berwarna orange maka sesudah itu tambahkan 5 sendok gula ke dalamnya kemudian siram dengan satu liter air dan di aduk sampai adonan menjadi rata.
  • Selanjutnya remas-remas nasi yang telah bercampur rata memakai sarung tangan.
  • Lalu diamkan nasi bau tersebut sampai baunya berubah ibarat anyir tempe.
  • Jika telah berbau tempe maka cairan itu telah menjadi pupuk kompos. Silahkan masukkan kedalam wadah botol bekas kemudian lubangi tutupnya biar oksigennya tetap mengalir.
  • Terakhir silahkan teman pilih dipakai untuk pupuk sendiri ataupun di jual.

Nasi bau dijadikan Sebagai materi kerajinan

Ternyata nasi bau jikalau dimanfaatkan sebagai materi utama sebuah kerajinan maka nilai hemat sangatlah tinggi. Contohnya saja masih dilansir dari merdeka.com dongeng seorang napi berjulukan Syafrizal (30) penghuni di kamar Blok A3 Lapas Padang.

Jika kalian masih berpikir nasi bau itu yakni sesuatu yang tidak bermanfaat sebab tidak Nasi Basi Jangan di Buang sebab Ternyata Bisa Mendulang Emas
Tribunnews.com

Dimana selama 12 tahun di dalam penjara ia mengumpulkan pundi-pundi rupiahnya dengan cara memanfaatkan nasi bau dan hanya menambahkan serbuk kayu untuk pembuatan kerajinannya yaitu guci. Bahkan satu guci hasil tangan Syafrizal di bandrol dengan harga mencapai Rp 250 ribu.

Dilansir dari databoks.katadata.co.id dengan konsumsi beras di Indonesia yang per kapita per Maret 2015 yakni sebesar 98 kilogram per tahun. Maka sungguh di sayangkan jikalau seandainya nasi bau untuk kedepannya hanya selalu terbuang atau tidak termanfaatkan. Kaprikornus semoga artikel ini sanggup bermanfaat untuk kalian semua ya teman biar sanggup memanfaatkan nasi bau menjadi hal yang lebih bermanfaat dan mempunyai nilai hemat yang cukup tinggi.