10 Kuil Hindu Paling Terindah Di Dunia

Hal-Hal Aneh DIDUnia 97



Nyepi merupakan salah satu hari raya besar umat Hindu. Di Indonesia, sebelum hari raya Nyepi biasanya umat Hindu berkunjung ke pura, candi, maupun kuil untuk bersyukur atas setahun belakang yang telah lewat. Saat ini, tak hanya di Indonesia, arsitektur pura maupun kuil Hindu telah berkembang sedemikian rupa mengikuti aneka macam macam gaya. Nah, ada beberapa tempat ibadah umat Hindu tersebut yang disebut-sebut mempunyai keindahan yang mengagumkan. Apa saja?
1. Angkor Wat
Angkor Wat yang dalam bahasa Indonesia berarti “Kota Kuil”, yaitu sebuah kompleks kuil yang luas di Kamboja yang menampilkan sisa-sisa kemegahan ibukota dari kerajaan Khmer, dari masa 9 sampai masa ke-15 Masehi.
Di dalam kompleks ini terdapat Kuil Angkor Wat yang terkenal, monumen tunggal keagamaan terbesar di dunia, dan kuil Bayon di Angkor Thom dengan banyaknya permukaan watu besar. Selama sejarahnya yang panjang, Angkor mengalami beberapa kali perubahan untuk mengonversi agama Hindu menjadi Buddhisme.
2. Tanah Lot
Pura yang satu ini terletak di atas sebuah watu karang besar. Tanah Lot merupakan salah satu pura Hindu paling terkenal di Bali. Pura ini juga menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi bagi wisatawan yang berkunjung ke Bali. Pura Tanah Lot telah menjadi bab dari mitologi selama berabad-abad. Pura Tanah Lot juga menjaedi salah satu dari tujuh pura/kuil maritim yang membentuk rantai sepanjang pantai barat Bali.
3. Khajuraho
Merupakan salah satu desa yang banyak terdapat kuil Hindu dan Jain dengan patung erotis. Desa ini sudah usang menjadi tujuan wisata paling terkenal di India. Kuil-kuil ini dibangun selama rentang waktu 200 tahun, yakni semenjak tahun 950 sampai tahun 1150. Beberapa kuil didedikasikan untuk Dewa Jain dan sisanya untuk Dewa Hindu, yaitu Brahma, Wisnu dan Syiwa.
4. Kuil Brihadeeswarar
Kuil ini terletak di Thanjavur, India, dan dibangun oleh Raja Chola, yakni Rajaraja I pada masa ke-11. Kuil ini merupakan kuil pertama di dunia yang keseluruhannya dibangun dari watu granit. Brihadishwara yaitu pola brilian dari gaya arsitektur kuil Dravida. Menara kuil ini mempunyai tinggi 66 meter sehingga menjadi salah satu kuil tertinggi di dunia.
5. Candi Prambanan
Candi Prambanan yaitu kompleks Candi Hindu terbesar dan paling indah di Indonesia. Terletak sekitar 18 km sebelah timur Yogyakarta. Candi Prambanan mempunyai tiga candi utama yang didedikasikan untuk Dewa Wisnu, Brahma, dan Syiwa dan dibangun sekitar tahun 850 oleh Kerajaan Mataram Kuno.
6. Banteay Srei
Meski secara resmi merupakan bab dari kompleks Angkor Wat, Banteay Srei justru terletak 25 km di timur maritim dari kelompok utama kuil Angkor Wat. Kuil Hindu ini akibat pada tahun 967 dan dibangun sebagian besar dari watu pasir merah, media yang cocok untuk goresan dinding dekoratif rumit yang masih terperinci terlihat dikala ini. Banteay Srei yaitu satu-satunya kuil utama di Angkor yang tidak dibangun untuk raja, melainkan dibangun oleh salah satu penasihat raja RaJendravarman, yaitu Yajnyavahara.
7. Kuil Kanchipuram
Kuil ini dikenal sebagai kuil kuno Hindu dan terkenal akan sari sutranya. Letaknya di India Selatan. Kanchipuram sendiri sanggup berarti 'Kota 1000 Kuil'. Kota ini berisi beberapa kuil besar ibarat Kuil Varadharaja Perumal untuk Dewa Wisnu dan Kuil Ekambaranatha yang merupakan salah satu dari lima bentuk tempat tinggal Dewa Syiwa.
8. Kuil Virupaksha
Kuil Virupaksha di kota Hampi di India dimulai sebagai sebuah kuil kecil dan tumbuh menjadi sebuah kompleks besar di bawah penguasa Wijayanagara. Diyakini bahwa kuil ini telah berfungsi tanpa terputus semenjak kuil kecil yang dibangun pada masa ke-7 yang membuatnya menjadi salah satu kuil Hindu tertua yang masih berfungsi di India. Menara pintu masuk candi terbesar mempunyai tinggi 50 meter.
9. Sri Ranganathaswamy
Didedikasikan untuk Dewa Ranganatha (salah satu bentuk Dewa Wisnu), Sri Ranganathaswamy di Srirangam, India yaitu sebuah kuil penting yang mendapatkan jutaan pengunjung dan peziarah setiap tahun. Dengan luas 156 hektar, Sri Ranganathaswamy yaitu salah satu kompleks keagamaan terbesar di dunia.
10. Kuil Meenakshi Amman
Kuil Meenakshi Amman merupakan salah satu kuil Hindu yang paling penting di India dan terletak di kota suci Madurai. Kuil ini didedikasikan untuk Sundareswar (bentuk Dewa Syiwa) dan Meenakshi (bentuk Dewi Parwati). Di kompleks ini terdapat 14 menara megah termasuk dua Gopuram emas untuk Dewa utama, yang dipahat dan dicat dengan rumit. Kuil ini yaitu simbol yang signifikan bagi rakyat Tamil, dan dibangun pada awal masa ke 17.
Artikel ini diambil dari
http://citizen6.liputan6.com/read/2193847/10-kuil-hindu-paling-indah-di-muka-bumi?p=9