11 Keajaiban Dunia Beku

Hal-Hal Aneh DIDUnia 97

Di tempat kutub dan tempat masbodoh lainnya, terdapat es, salju dan deretan air yang tidak biasa, unik, dan beberapa dari mereka begitu indah sehingga membuat kita takjub. Sebagian besar keajaiban alam ini biasanya hanya sanggup dikunjungi oleh para ilmuwan dan para petualang yang siap untuk mengerahkan tenaga dan finansial yang signifikan. Karena volatilitas dan lokasi, formasi-formasi tersebut sanggup dilihat hanya pada periode tertentu dalam setahun.

1. Blue River, Greenland
Di tempat kutub dan tempat masbodoh lainnya 11 Keajaiban DUnia Beku

Sungai ini yaitu nirwana kayak di Greenland. Mencairnya gletser Petermann mengisi tempat dataran rendah dengan air biru yang menakjubkan. Pola pengisian yang berubah-ubah tiap demam isu mengakibatkan bentuk sungai pun berubah bentuknya. Warna biru cerah berasal dari lumpur glasial.


2. Air terjun Glacier di Svalbard, Norwegia
Di tempat kutub dan tempat masbodoh lainnya 11 Keajaiban DUnia Beku

Svalbard, yang berarti “pantai dingin”, merupakan kepulauan di Kutub Utara, yang merupakan bab utara dari Norwegia serta Eropa. Kota ini terletak sekitar 400 mil (650 km) sebelah utara dari daratan Eropa, tengah-tengah antara daratan Norwegia dan Kutub Utara. Meskipun begitu erat dengan Kutub Utara, Svalbard relatif hangat, berkat efek pemanasan dari Gulf Stream, yang membuatnya layak huni. Bahkan, Svalbard yaitu wilayah dihuni secara permanen paling utara di planet ini.

Kepulauan Svalbard meliputi total luas 62.050 km persegi (24.000 sq mi), dan hampir 60% darinya ditutupi oleh gletser dengan ujung gletser berakhir di laut. Gletser raksasa Bråsvellbreen, terletak di Nordaustlandet, pulau terbesar kedua di kepulauan itu, membentang sepanjang 200 kilometer (125 mil). Tepi es setinggi 15-20 meter (50-65 kaki) dari gletser ini dipotong oleh ratusan riam dari es yang mencair. Air terjun ini hanya sanggup dilihat dalam bulan-bulan hangat. 

3. Crystal Cave, Islandia
Di tempat kutub dan tempat masbodoh lainnya 11 Keajaiban DUnia Beku

Gua ini yaitu gua di es gletser hasil dari glasial mill atau Moulin, dimana hujan dan lelehan air di permukaan gletser tersebut mengalir masuk di celah-celah gletser. Arus air ini membuat lubang di gletser dan air terus menuju ke tempat yang lebih rendah dengan membentuk gua es panjang dengan outlet di ujung gletser.

Sedimen berbutir halus di dalam air bersama dengan sedimen yang dibawa angin mengakibatkan pedoman air lelehan beku muncul dalam warna berlumpur sementara atas gua memperlihatkan warna biru. Karena gerakan cepat gletser dari sekitar 1 m (3 kaki) per hari di medan yang tidak rata, gua es ini retak di ujungnya ke dalam celah vertikal yang mendalam, disebut cerrac. Hal ini mengakibatkan cahaya matahari pribadi masuk ke gua es dari kedua ujungnya menghasilkan pencahayaan homogen dari terowongan es. 

4. Briksdal Glacier, Norwegia
Di tempat kutub dan tempat masbodoh lainnya 11 Keajaiban DUnia Beku

Briksdalsbreen atau gletser Briksdal yaitu salah satu cabang yang paling gampang diakses dan paling populer dari gletser Jostedalsbreen. Gletser ini terletak di Norwegia dan merupakan bab dari Jostedalsbreen National Park. Briksdalsbreen berakhir di sebuah danau glasial kecil, Briksdalsbrevatnet, yang terletak 346 meter (1.135 kaki) di atas permukaan laut. Pengunjung dari seluruh dunia tiba untuk melihat pengecap gletser Briksdalsbreen yang indah, terletak di tengah riam dan puncak yang tinggi.


5. Birthday Canyon, Greenland
Di tempat kutub dan tempat masbodoh lainnya 11 Keajaiban DUnia Beku

Birthday Canyon, diukir oleh air lelehan, dengan kedalaman 150 kaki (45 m). Foto ini diambil pada tahun 2008. Sepanjang tepi ngarai, garis-garis pada dinding memperlihatkan lapisan stratigrafi dari es dan salju selama bertahun-tahun. Asisten lapangan EIS, Adam LeWinter berdiri di NE rim of Birthday Canyon, diatas fitur yang disebut “Moab”. Deposit hitam di bawah saluran yaitu cryoconite – debu yang tertiup angin lalu terendapkan di atas salju, gletser, atau icecaps.


6. Elephant-Foot Glacier, Greenland
Di tempat kutub dan tempat masbodoh lainnya 11 Keajaiban DUnia Beku

Gletser kaki gajah artik ditemukan di Greenland utara. Zona abu-abu pada ketinggian rendah di gletser yaitu zona ablasi diukir oleh saluran air lelehan, terperinci terpisah dari zona akumulasi permukaan putih yang lebih tinggi. Gletser unik ini terletak pada lokasi geografis yang menakjubkan di pantai utara-timur Greenland (81 ° N).


7. Frozen Wave, Antartika
Di tempat kutub dan tempat masbodoh lainnya 11 Keajaiban DUnia Beku

Gelombang beku unik ini terletak di Antartika. Ditemukan oleh ilmuwan Amerika Tony Travouillon pada tahun 2007. Foto-foto ini BUKAN memperlihatkan gelombang raksasa yang tiba-tiba membeku. Formasi ini berisi es biru, dan ini yaitu bukti besar lengan berkuasa bahwa ini tidak diciptakan pribadi dari gelombang air. Es Biru es tercipta dikala es terkompresi dan gelembung udara yang terperangkap, ter squeeze out. Es tampak biru karena, ketika cahaya melewati es tebal, cahaya biru ditransmisikan kembali namun cahaya merah diserap. Dengan demikian, warna biru memperlihatkan bahwa deretan es ini dibangun perlahan-lahan dari waktu ke waktu, bukan pribadi terbentuk. Pencairan dan pembekuan kembali selama bertahun-tahun telah memperlihatkan deretan halus, tampilan mirip gelombang


8. Striped Icebergs, Southern Ocean
Di tempat kutub dan tempat masbodoh lainnya 11 Keajaiban DUnia Beku

Biasanya gunung es mempunyai garis-garis biru dan hijau, tetapi kadang coklat. Fenomena ini sering terjadi di Samudera Selatan. Gunung es bergaris dengan beberapa pita warna, termasuk kuning, coklat, hitam dan biru, cukup umum di perairan masbodoh di sekitar Antartika. Gunung es terbentuk ketika potongan besar es putus dari rak es dan jatuh ke laut. 


9. Ice Towers Gunung Erebus, Antartika
Di tempat kutub dan tempat masbodoh lainnya 11 Keajaiban DUnia Beku

Ratusan menara es berdiri di Gunung Erebus 12.500 ft (3.800 m). Gunung berapi aktif terus-menerus ini mungkin satu-satunya tempat di Antartika di mana api dan es bertemu, berbaur dan membuat sesuatu yang unik. Menara es sanggup mencapai tinggi 60 kaki (20 meter) dan terlihat mirip hidup dikala mereka mengeluarkan kepulan uap ke langit kutub selatan. Beberapa uap vulkanik membeku ke bab dalam menara, memperbesar dan memperluas mereka.


10. The Fang in Vail – Frozen Waterfall, USA
Di tempat kutub dan tempat masbodoh lainnya 11 Keajaiban DUnia Beku

Fang yaitu riam yang terletak erat kota Vail, Colorado. Bentuk pilar besar es dari riam ini hanya terjadi pada demam isu masbodoh yang sangat dingin, dan ketika riam ini beku, pilar es sanggup setinggi 50 meter (165 kaki) dan lebar dasarnya berukuran 8 meter (26 kaki).


11. Penitentes, Chili & Argentina
Di tempat kutub dan tempat masbodoh lainnya 11 Keajaiban DUnia Beku

Penitentes yaitu es mirip paku yang menakjubkan terbentuk secara alami di tempat dataran tinggi terutama pada Ranges Andes yang terletak lebih dari 4000 meter (13.000 kaki) di atas permukaan laut. Pinnacles es yang disebut Penitentes ini mencapai ketinggian bervariasi dari beberapa sentimeter mirip rumput sampai setinggi 5 meter (17 kaki) dan secara keseluruhan memperlihatkan kesan sebuah hutan es. Pisau (bagian yg tajam) mereka berdiri menunjuk ke arah matahari. Ketika es mulai mencair di sinar matahari awal, mereka perlahan mulai dan terus muncul.


Buka juga ya, blog yang berisi dongeng ihwal penulis ^^ http://b-silas.blogspot.com/ hehe terima kasih :D

Artikel ini diambil dari
http://terselubung.in/unik/11-keajaiban-di-dunia-beku.html