Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Fakta Menarik Perihal Fenomena “Om Telolet Om” Yang Mendunia

Hal-Hal Aneh DIDUnia 97 

Bus telolet atau yang lebih terkenal dengan  5 Fakta Menarik ihwal Fenomena “Om Telolet Om” yang MenDUnia

Bus telolet atau yang lebih terkenal dengan “om telolet om” tiba-tiba menjadi fenomena gres di jagad maya. Terlebih sehabis selebritis dunia ikut meramaikan tren ini di akun twitter mereka. Tercatat selebritis ibarat DJ Snake, Oliver Heldens, Hardwell, Zedd, sampai Martin Garrix beramai-ramai mengicaukan frasa “om telolet om”.

Sebelum ramai diperbicangkan di dunia maya, fenomena ini sesungguhnya sudah usang ada. Pada dikala trend pulang kampung Idulfitri tahun ini ahloo sempat membahas juga bagaimana bus-bus luar kota ibarat berlomba memasang bunyi klakson telolet paling unik.
Di media umum Facebook, bus telolet sudah menjadi perbincangan lebih dulu ketika sebuah rekaman video menjadi viral. Video itu direkam oleh seseorang yang melihat kegirangan belum dewasa di pinggir jalan menanti datangnya bus antar-kota.
Berikut fakta menarik yang ada di belakang fenomena om telolet om yang mendunia.

  1. Istilah om telolet om berawal dari pemburu klakson telolet yang rerata anak-anak. Mereka meminta supir bus mengeluarkan bunyi “telolet” ketika melintas. Maka dari itu, ujung-ujungnya fenomena ini disebut om telolet om.
  2. Sudah ada semenjak 5 atau 6 tahun yang lalu. Seorang supir bus berjulukan Patra asal Yogyakarta mengakui kebiasaan tersebut dilakukan banyak kalangan, dari belum dewasa sampai dewasa. Bermula di Jawa Timur sebelum merembet ke kawasan lain.
  3. Ada semacam isyarat etik atau hukum yang harus dipatuhi ketika berburu klakson telolet. Salah satunya yaitu dikala merekam dihentikan memakai lampu flash sebab sanggup mengganggu pandangan supir bus.
  4. Namanya berburu berarti harus dilakukan dengan diam-diam. Artinya, para pemburu klakson telolet ini dihentikan meminta kepada supir untuk membunyikan klakson baik secara ekspresi maupun tulisan. Cara meminta inilah yang banyak dilanggar dan alhasil memunculkan fenomena om telolet om.
  5. Si pemburu telolet dihentikan mengganggu ketertiban di jalan raya dan harus mendapat izin orangtua. Namun melihat makin maraknya fenomena om telolet om, tampaknya banyak hukum perburuan yang sudah dilanggar.
Terlepas dari banyaknya hukum yang dilanggar dalam perburuan klakson telolet, fenomena ini mengatakan pada publik bahwa hiburan murah meriah tak kalah populernya dengan hiburan modern. Banyaknya seleb dunia yang ikut meramaikan cuitan om telolet om sudah jadi bukti nyata. Om telolet om!

Artikel ini diambil dari 
http://terselubung.in/5-fakta-menarik-tentang-fenomena-om-telolet-om-yang-mendunia/

Follow My Instagram : brahmasujana 

like + subscribe youtube : 
https://www.youtube.com/channel/UCTl8PGi3IPV5hIg2PtqweoQ