8 Pusaran Air Yang Populer Didunia

Hal-Hal Aneh DIDUnia 97

Maelstrom Saltstraumen  Maelstrom Saltstraumen terletak di sebelah Norwegia 8 Pusaran Air Yang Terkenal DiDUnia
Maelstrom Saltstraumen terletak di sebelah Norwegia, akrab Lingkaran Arktik, merupakan pusaran terkuat di dunia dan membuat arus pasang terkuat di dunia. Setiap enam jam, arus bahari yang besar lengan berkuasa sanggup berjalan hingga 25 mil per jam lantaran lebih dari 105.668 galon gelombang air melalui selat sempit yang menghubungkan Skjerstadfjord dan Saltenfjord. Ketika arus surut, ada “window time” dimana kapal sanggup berlayar disana, lantaran arus intinya hening selama waktu itu. Namun penduduk setempat dan wisatawan tetap disarankan untuk selalu hati-hati ketika berlayar disana lantaran arus bawah bahari yang terus berputar, dengan memutar air, membuat pusaran dari Saltstraumen yaitu pusaran air bahari yang paling berbahaya di planet ini.

Maelstrom Moskstraumen  Maelstrom Saltstraumen terletak di sebelah Norwegia 8 Pusaran Air Yang Terkenal DiDUnia
Sementara Saltstraumen yaitu pusaran terkuat, Moskstraumen yaitu yang paling terkenal. Mungkin populer berkat Edgar Allan Poe dan Jules Verne. Poe menulis dongeng berjudul A Descent into the Maelstrom dan kemudian Verne mengacunya pada novelnya yang berjudul 20.000 Leagues Under the Sea. Herman Melville, juga menulis wacana pusaran ini melalui huruf Kapten Ahab di novel Moby Dick. Moskstraumen dianggap yaitu pusaran air yang pertama yang disebut Maelstrom dalam sejarah.
Meskipun disebut Maelstrom, Mokstraumen yang terletak di lepas pulau Lofoten, hanyalah pusaran air terkuat kedua di dunia. Arus pasang surut kuatnya, yang lebarnya sekitar lima mil, mengalir sepanjang akses bahari dalam antara pantai Norwegia dan bahari terbuka.

Corryvreckan Whirlpool  Maelstrom Saltstraumen terletak di sebelah Norwegia 8 Pusaran Air Yang Terkenal DiDUnia
Pusaran air bahari ketiga yang terbesar di dunia terletak di Selat Corryvreckan yang relatif sempit. Arus pasang Ekstrim yang membentuk pusaran air berputar-putar sebagian lantaran lokasinya yang berada antara dua pulau lepas pantai barat Skotlandia dan kerikil piramida di dasar laut. Gelombang setinggi 30 kaki yang membengkak dari kedalaman 100 depa dan gema dari keganasan alam ini terdengar dari jarak sepuluh mil jauhnya. Legenda-legenda gila muncul dikalangan orang-orang Celtic wacana pusaran air yang menelan ini, yang dahulu terlihat hijau daripada biru. Corryvreckan pernah diklasifikasikan sebagai perairan yang tidak kondusif untuk pelayaran, namun penulis George Orwell mencoba untuk melintasinya. Perahu Orwell terdampar dalam waktu yang singkat.
Beberapa produser Skotlandia melemparkan manekin dengan jaket pelampung ke Corryvreckan atau “Brecan’s Cauldron” ketika pembuatan film dokumenter yang disebut “Lethal Seas.” Boneka seukuran insan itu menghilang ke dalam pusaran berbahaya. Ketika manekin itu kemudian ditemukan di tempat yang jauh, ditemukan ukiran panjang dibagian bawahnya dan angka 262 kaki pada alat pengukur kedalaman menunjukkan kedalamannya. Discovery Channel mengambil film dan menayangkannya dengan judul “Sea Twister.”

Old Sow  Maelstrom Saltstraumen terletak di sebelah Norwegia 8 Pusaran Air Yang Terkenal DiDUnia
Pusaran air terbesar di belahan bumi Barat disebut Old Sow. Pusaran ini terletak di antara pantai Deer Island dan pulau Moose di antara New Brunswick dan Maine. Old Sow namanya berasal dari “suara babi” yang terjadi ketika pedoman berputar dan vortex menggelegak. Dianggap sebagai salah satu dari lima maelstroms yang paling berarti di dunia, pusaran ini membuat deru dahsyat ketika pasang kembali melawan angin yang kuat. Maelstroms Old Sow yang terbentuk antara teluk Fundy dan Passamaquoddy mempunyai diameter sekitar 250 kaki, membengkak hingga 20 meter, dan mencapai kecepatan 17,15 mph.
Pusaran-pusaran berukuran kecil hingga medium di setiap sisi Old Sow disebut “piglets.” Hanya perahu-perahu kecil yang dianggap dalam ancaman kalau melintasi Old Sow ketika air pasang sedang berjalan. Kebanyakan bahtera bermotor berhasil menavigasi perairan ini. Kejadian alam yang langka lainnya di sekitar Old Sow melibatkan upwellings, stnding waves, dan depresi non-vortexing dalam air.

Naruto  Maelstrom Saltstraumen terletak di sebelah Norwegia 8 Pusaran Air Yang Terkenal DiDUnia
Selat yang memisahkan Naruto dan Awaji lebarnya kurang dari satu mil. Selat Naruto terletak dalam akses yang sangat sempit akrab Hyogo.
Tingginya air pasang dari Samudera Pasifik tiba ke Selat Kii dan melewati Osaka Bay dan Selat Akashi lantaran Selat Naruto terlalu sempit. Dibutuhkan sekitar 5 jam untuk mencapai Harimanada di mana air pasang memenuhi pasang lain yang berasal dari Selat Bungo ke bahari pedalaman. Ketika air pasang hingga di Harimanada, sisi Samudera Pasifik mulai surut 6 jam kemudian. Pada titik ini, Selat naruto mendapatkan perbedaan muka air hingga 1,5 meter, dan hal ini membuat pusaran air. Perbedaan kecepatan antara pedoman tengah yang cepat dan pedoman sisi yang lambat mengakibatkan pusaran air.
 Maelstrom Saltstraumen terletak di sebelah Norwegia 8 Pusaran Air Yang Terkenal DiDUnia
Selain itu, dasar bahari di bawah Jembatan Ohnaruto mempunyai bentuk V curam, dengan cuilan terdalam sekitar 90m di bawah dasar bahari yang umum. Juga, garis 140 meter dibawah permukaan bahari berjalan ke sisi selatan Selat dan garis 200 meter dibawah permukaan bahari berjalan ke utara dari Selat. Ciri-ciri geografis dari selat Naruto dan pedoman air bahari yang disebabkan oleh perubahan arus membuat pusaran air Naruto.
Whirlpool selat Naruto diameternya sanggup mencapai hingga 20m diameter. Selain itu, selama pasang animo semi, kecepatan arus sanggup mencapai 20km per jam, membuat naruto yaitu whirlpool tercepat keempat di dunia, dan mengakibatkan bunyi menderu yang besar. Dikatakan bahwa nama Naruto, yang berarti “Resounding Seto” dalam bahasa Jepang, diberikan kepadanya lantaran bunyi ini. Wisatawan maupun penduduk setempat menyaksikan pasang dan arus pusaran air raksasa dari kapal atau dari atas di Jembatan Naruto.

Garofalo – Strait of Messina Whirlpool  Maelstrom Saltstraumen terletak di sebelah Norwegia 8 Pusaran Air Yang Terkenal DiDUnia
Homer menceritakan kisah-kisah Odysseus pada perjalanan bahari mistis yang berbahaya di mana ia bertemu dua makhluk infinit yang disebut Scylla dan Charybdis. Meskipun bukan rakasa laut, Charybdis tinggal di di Selat Messina yang kini disebut Garofalo. Di sinilah dasar bahari menurun tajam dan angin mengalir melawan arah arus pasang yang besar lengan berkuasa untuk membentuk fenomena oseanografi lainnya. Selat Messina mempunyai lebar 1.9 mil pada titik tersempitnya dengan kedalaman 830 meter. Pusaran Garofalo terjadi dalam badan sempit air antara ujung selatan Calabria dan ujung timur Sisilia, Italia. Laut berombak berbahaya dan pusaran air masih sanggup membalikkan bahtera kecil dan mengakibatkan kerusakan yang sanggup membahayakan untuk bahtera yang lebih besar.

Maelstrom Ligura  Maelstrom Saltstraumen terletak di sebelah Norwegia 8 Pusaran Air Yang Terkenal DiDUnia
Laut Liguria, sebuah lengan dari Laut Mediterania, diairi oleh Sungai Arno. Dasar bahari dan arus pasang yang bertentangan, keduanya mengakibatkan maelstrom terbentuk. Dongeng dan legenda diperkirakan telah menceritakan wacana pusaran air di kawasan selatan Italia ini. Kata maelstrom juga sanggup berarti kekacauan dan kekuatan destruktif tak terhindarkan. Pusaran air di Liguria yang menggeliat dan berputar, mengingatkan semua orang untuk memperhatikan secara seksama pada kekuatan yang menghancurkan dari alam.

Maelstrom Doctor Cove  Maelstrom Saltstraumen terletak di sebelah Norwegia 8 Pusaran Air Yang Terkenal DiDUnia
Di provinsi Nova Scotia, Canada, telah usang digembar-gemborkan oleh penggemar maritim, sebuah bentuk pusaran di Dokter Cove. Kombinasi dari lubang sembur dan besar lengan berkuasa arus pasang membuat pusaran dengan downdraft yang kuat. Saat ini, maelstroms ini telah didokumentasikan dengan baik dan kapal-kapal diperingatkan untuk menghindarinya. Meskipun pusaran air yang besar lengan berkuasa ini dikatakan telah banyak membunuh, namun hanya ada sedikit bukti faktual dari kapal-kapal yang tersedot di bawah laut.

Buka juga ya, blog yang berisi dongeng wacana penulis ^^ b-silas.blogspot.com hehe terima kasih :D

Artikel ini diambil dari
http://terselubung.in/umum/8-pusaran-air-yang-terkenal-di-dunia.html