Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Genderuwo, Setan Raksasa Di Pulau Jawa


- Salah satu setan atau mahluk halus yang populer di pulau jawa sebut aja "Genderuwo" atau biasanya masyarakat sunda menyebut nya dengan "Gandaruwo".

Saat menampakkan diri, Genderuwo berwujud raksasa hitam dan bertubuh kekar yang dipenuhi bulu menyerupai kera. Genderuwo diyakini merupakan perwujudan dan arwah ingin tau orang yang mati tidak wajar. Seperti bunuh diri atau kecelakaan.

Gendruwo diyakini kerap tinggal di anutan sungai, bangunan tua, bangunan kosong dan pepohonan besar dan rindang menyerupai beringin. Namun Genderuwo dipercaya lebih banyak tinggal di kawasan hutan atau kawasan yang jarang disinggahi manusia.

Sehingga tidak heran, di tempat-tempat menyerupai itulah Genderuwo biasa menampakkan diri kepada manusia. Saat menampakkan diri, Genderuwo sangat menakutkan sebab tingginya dapat melebihi atap rumah.

Berbeda dengan Siluman atau makhluk jadi-jadian yang kerap mencari mangsa, penampakan Genderuwo hanya untuk menakut-nakuti insan yang dianggap coba mengusik kediamannya. Tapi ada juga Gendruwo yang diyakini suka mengganggu.

Selain menampakkan diri, Genderuwo suka menakut-nakuti insan dengan melempar krikil ke atap atau menggerakkan perabotan. Genderuwo juga suka menepuk perempuan yang sedang tidur atau berjalan sendirian di tempat sepi dan gelap.

Genderuwo juga diyakini dapat berubah wujud menyerupai insan pada malam hari. Gendruwo kerap menarik hati dan mengajak kekerabatan intim kepada seorang perempuan yang sedang sendirian di malam hari dengan menyamar sebagai sang suami.

Seperti dikutip dari wikipedia, ada beberapa kawasan yang diyakini menjadi tempat tinggal Gendruwo. Seperti di hutan Jati Cagar Alam Danlaya di sebelah timur Wonogiri. Dan di Purwosari di Kulon Progo.

Istilah Genderuwo dipercaya berasal dari bahasa Kawi, adalah “Gandharwa” dan berakar dari bahasa sanskerta “Gandharva” yang digambarkan sebagai raksasa yang tinggal dikahyangan. Sementara legenda Genderuwo sendiri dipercaya berasal dari legenda kuno Persia yang berupa sosok siluman raksasa berjulukan Gandarewa.