Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Penganut Agama Voodoo


- Banyak sekali agama agama di dunia ini ibarat islam, kristen, buddha, hindu dll. Tapi lain kisah dengan penganut Voodoo mungkin kalian gres mendengar nya ? Jika belum maka baca kisah ini. Tempat peribadahan suci dari penganut Voodoo berbeda dengan penganut lainnya.

Tempat peribadahan Voodoo disebut dengan kuil suci Hounfour. Biasanya dalam upaca upacara pemberkatan, pemimpin laki laki disebut Houngan dan sebutan Mambo untuk pemimpin perempuan. Hounfour menjadi kawasan suci yang dipakai untuk menghubungi roh Voodoo yang sudah meninggal atau biasa di sebut dengan nenek moyang. Jika anda pergi ke Haiti maka anda akan menjumpai sebuah altar tinggi yang dihiasi tengkorak dan segala pernak- pernik Voodoo (Tulang belulang).

Sebelum upacara pemberkatan dimulai penganut Voodoo yang menyebut diri mereka sebagai roh yang akan mengadakan pesta rakya. Anda akan menemukan sebuah contoh yang melambangkan Loa atau Lwa yang digambar oleh para pemimpin Voodoo di lantai lantai kuil.

Loa ialah roh Voodoo dan mereka biasa di sebut Mysteres dan Invisibles yang merupakan roh mediator antara Bondye (Bon Dieu atau tuhan baik) sang penciptaNya. Selama ritual berlangsung penganut Voodoo akan menari terus menerus berputar putar diiringin ketukan dari drum khas Haiti yaitu Tamboulas. Percaya atau tidak penari akan dirasuki oleh Lwa dikala ritual sedang berlangsung.

Dalam upacara ini, para roh akan mengorbankan beberapa hewan sebagai sesajen, ibarat ayam, kambing, domba ataupun babi. Persembahan itu lah yang akan menjadi santapan Lwa yang lapar.