6 Status Percintaan Ambigu

Manusia itu emang makhluk yang unik dan banyak macemnya 6 Status Percintaan Ambigu
Manusia itu emang makhluk yang unik dan banyak macemnya. Kadang mereka lebih menentukan sesuatu yang absurd dan nggak umum alasannya ialah alesan-alesan tertentu. Dalam percintaan juga sama. Entah alasannya ialah punya duduk masalah dengan janji atau ada alasan langsung lainnya, banyak orang yang lebih menentukan untuk enggak meresmikan status hubungannya. Resmi maksudnya pacaran gitu lho.
Nah orang-orang itu lebih menentukan untuk menamai status percintaan dengan pasangannya dengan status yang ambigu. Ambigu gimana ? Ya pokoknya mereka kayak orang pacaran, tapi judulnya nggak pacaran. Gitu deh pokoknya. Kita bahas satu persatu ya status-status ambigu tersebut.

1. Teman Tapi Mesra

Manusia itu emang makhluk yang unik dan banyak macemnya 6 Status Percintaan Ambigu
Sejak dipopulerkan oleh duo vokal Ratu, istilah ini jadi cukup beken. Hubungan TTM ini kira-kira begini. Makara kau punya teman, sahabat sepermainan, dimana beliau ada kau juga ada disitu. Temen kau ini manis, baik hati dan selalu ada dikala kau butuh bantuan. Tapi suatu hari, kau jadi bingung, soalnya beliau bilang beliau cinta sama kau dan mau kau jadi kekasihnya dia.
Nah sebenernya kekerabatan ini semuanya salah kamu. Kamu kan cuma temenan sama dia, terus ngapain kau mesra-mesraan sama dia? Geer kan jadinya? Serba salah deh sekarang. Kalo kau terima, nanti semuanya bakal jadi beda. Kamu nggak dapat ngejar layangan lagi sama dia. Pasti kau disuruh nunggu di lapangan aja, alasannya ialah beliau khawatir kalo kau ikut ngejar layangan nanti ditabrak mobil. Terus kalo kau ajak beliau main bola, nanti beliau bakal pelan-pelan mainnya, ngebiarin kau menang semoga kau seneng. Ih ngga asik kan.
Terus kalo kau tolak, nanti beliau ngambek, terus ngga mau temenan lagi deh sama kamu. Hayo, resah kan ?

2. Hubungan Tanpa Status

Manusia itu emang makhluk yang unik dan banyak macemnya 6 Status Percintaan Ambigu
Ini sebenernya ialah sebuah paradoks, menyerupai lagu-lagu yang judulnya “Untitled.” Hubungan HTS itu kan begini, kau sama si beliau deket, sering pergi berdua, ngomongnya aku-kamu, cerita-cerita hal yang personal dan intim, saling mengasihi dan menyayangi, dan suka ehem-ehem juga dalam banyak kasus. Nggak ada bedanya sama orang pacaran kan? Tapi pas orang nanya “eh itu pacar lo?” kau bakal jawab “Enggak, cuma HTS-an aja kok”
Nah. Status kekerabatan kau itulah HTS. Tapi HTS itu kan artinya kekerabatan tanpa status. Makara ya gitu. Paradoks. Ngerti nggak ? Kalo kau ngerti film Inception atau Tree of Life hal remeh kayak gini niscaya ngerti deh.
Jadi kenapa dong HTS-an ? Nah ini sebenernya cuma alesan doang buat orang-orang yang nggak dapat jaga komitmen. Nanti kalo ada orang yang lebih oke, pasangan kau kemungkinan besar bakal ninggalin kau buat dia. Saran kita sih, kalo kau diajak HTS-an, silakan aja asal kau juga punya cadangan. Jangan mau dikadalin dan ditinggal dengan tangan kosong !

3. Kakak Adek-an

Manusia itu emang makhluk yang unik dan banyak macemnya 6 Status Percintaan Ambigu
Kakak Adek-an ini biasanya dilakukan sama abege-abege. Dan kadang kala ini jadi fase pedekate gitu. Makara contohnya si pemuda ama si cewek udah deket nih, sebenernya tinggal tembak aja, tapi emang dasar abege norak yang terlalu banyak pertimbangan, jadinya malah abang adekan gitu. Tapi, tetep aja kergiatannya kayak orang pacaran. Cuma panggilan sayangnya ialah “kakak” dan “adik”, dimana yang pemuda jadi kakak, yang cewek jadi adik. Ato yang tuaan jadi kakak, yg lebih muda jadi adik (Yaiyalah ya)
Sebetulnya kekerabatan menyerupai ini janggal. Masa kau pacaran sama orang yang kau anggep sebagai kakak/adek kau sendiri? Coba deh, kau kalo sama kakak/adek kau ngapain? Berantem kan? Minjem barang sama duit, sama saling mengadukan ke papa mama kalo ada yang abis berbuat kesalahan. Terus kini coba kau bayangin, kau sayang-sayangan sama kakak/adek kamu. Nanyain beliau udah makan apa belum dengan mesra, ngucapin selamat pagi selamat malam dengan manis. Terus kau nonton tv sama beliau sambil sender-senderan, peluk-pelukan… Terus ternyata nggak ada orang dirumah.. Kamu sama kakak/adek kau liat-liatan… Jantung berdetak kencang.. Muka bergerak saling mendekat… Terus… Eh yakin kau mau kayak gini sama kakak/adek kamu? Sinting.

4. Cem-Ceman

Manusia itu emang makhluk yang unik dan banyak macemnya 6 Status Percintaan Ambigu
Cem-ceman sebenernya menyerupai sama HTS, tapi beda. Makara ceritanya kau suka sama seseorang, kau pengen deket sama dia, tapi kau nggak mau pacaran. Jadilah orang itu sebagai cem-ceman kamu. Dan menyerupai kekerabatan yang udah dijelasin diatas, jalannya kekerabatan mirip-mirip sama orang pacaran. Kamu sering kencan sama dia, telpon-telponan gitu lah. Mirip sama HTS kan? Bedanya adalah kalo HTS hubungannya atas dasar suka sama suka, dan sama-sama sepakat buat HTS. Kalo Cem-ceman hubungannya sepihak. Makara nggak ada tuh persetujuan antara keduabelah pihak untuk menjalani sebuah hubungan.
Sebenernya main cem-ceman ini agak jahat sih. Kalo cem-ceman kau suka itu nggak mau pacaran juga dan santai aja sih ngga apa-apa. Tapi kalo si cem-ceman kau ternyata naksir jg sama kau dan ngarepin kau buat serius, jatohnya nanti kayak kau cuma mainin dan ngegantungin dia. Kalo kau emang mau cem-ceman, kau harus ati-ati dan pinter dalam menghadapi cem-ceman kamu, jangan sampe kau dianggep cuma ngemainin dia, nanti reputasi kau bakal jadi buruk dan susah nyari mertua yang mau ngawinin anaknya sama kamu, dikala kau udah mau berumah tangga.

5. Lagi Break

Manusia itu emang makhluk yang unik dan banyak macemnya 6 Status Percintaan Ambigu
Orang kalo pacaran kan nggak selalu langgeng adem ayem. Pasti ada berantemnya, duduk masalah kecil maupun gede. Nah kadang kala buat pasangan yang udah tidak mengecewakan usang pacaran dan menghadapi duduk masalah gede, numpuk atau ada unsur-unsur prinsip, mereka biasanya suka break dulu untuk mendinginkan suasana supaya dapat mencari jalan keluar yang terbaik. Umpanya kayak kau lagi maen game, terus udah mentok nih, kau pause dulu, istirahat, tapi ya nanti terserah kau mau lanjut apa enggak.
Ketika lagi break, status percintaan kau sebenernya lagi nggak jelas. Jomblo enggak, tapi punya pacar juga enggak. Biasanya tiap pasangan yang lagi break punya hukum masing-masing ihwal nyari selingan pas break ini. Terlepas dari peraturannya, break itu harusnya buat introspeksi dan nyari solusi masalah. Tapi biasanya, break malah dipakai buat nyari ban serep, kalo-kalo kekerabatan yang ini udah nggak ketolong lagi. Atau, sebenernya pasangan kau udah punya serep, tapi alasannya ialah takut dibilang selingkuh, makanya beliau minta break semoga beliau dapat bebas main-main sama si serepnya.
Nah jadi ya adik-adik, jika kekerabatan kau lagi nggak lezat terus tiba-tiba pasangan kau minta break, berhati-hatilah beliau udah punya pengganti kamu, dan sekaligus berkemas-kemas untuk nyari yang baru. Semangat !

6. It’s Complicated

Manusia itu emang makhluk yang unik dan banyak macemnya 6 Status Percintaan Ambigu
Ini dia, status ambigu yang paling megang di dunia percintaan. Sampe-sampe status ini disediakan khusus di Facebook, alasannya ialah saking banyaknya orang yang lagi It’s Complicated sama pasangannya.
Hubungan yang It’s Complicated itu menyerupai apa ? Kira-kira begini: Kamu sama pasangan kau udah 4 taun bersama. Kamu saling menyayangi, dan rela berkorban untuk masing-masing. Kalian udah kenal dan tidak mengecewakan deket sama keluarga satu sama lain. Temen-temen pada bilang kalian ialah pasangan harmonis dan nyuruh cepetan kawin.
Semua terasa indah, masa depan terlihat cerah. Namun tiba-tiba bokap nyokapnya pasangan kau suatu hari bilang ke beliau kalo mereka sebenernya kurang sreg sama kamu. Padahal selama ini mereka sama kau baik-baik aja. Terus pasangan kau kisah lah sama kamu, dan kekerabatan kau jadi kerasa aneh. Pasangan kamu, yang anak berbakti pada orang renta balasannya ngalah sama keinginan bokap nyokapnya.
Akhirnya kalian pun putus. Tapi alasannya ialah perasaan nggak dapat diboongin, kalian masih sering ketemu diem-diem, walaupun hubungannya udah beda. Kamu pun sedih dan curhat ke temen cewek kamu. Begitu pula pasangan kamu, beliau curhat ke temennya dan salah satu temen cowoknya mengambil kesempatan alasannya ialah si mantan kau ini jomblo dan emang oke. Dan alasannya ialah si pemuda ini baik orangnya, mantan kau ya seneng-seneng aja. Terus si pemuda ini nembak, tapi ditolak alasannya ialah mantan kamu hatinya masih buat kamu. Karena kesel dan patah hati, si pemuda ini ngejauh dari mantan kau dan bikin gosip-gosip nggak lezat ihwal dia. Mantan kau balasannya stress, dan kabur dari rumah.
Sementara, kau pun jadi deket sama temen cewek kau dan tiba-tiba beliau ngaku kalo selama ini beliau naksir kau dan rela untuk bantu kau ngelupain mantan kau ini supaya kau dapat bersama dia. Tapi sebenernya dalam hati, kau nggak mau ngelupain mantan kamu, alasannya ialah kau yakin beliau ialah jodoh kamu. Kamu pun kebingungan dan di tengah-tengah kebingungan itu kau ketemu kakek-kakek misterius yang ngaku punya pesan dari masa depan. Dia bilang kau ngga boleh pusing-pusing ihwal hal ini, alasannya ialah tidak usang lagi mesin-mesin akan bangun melawan manusia, dan kau ditakdirkan menjadi impian terakhir umat manusia.
Ribet kan ? Namanya juga It’s Complicated.
Kamu punya pengalaman percintaan yang ambigu ? Atau percintaan kau lebih absurd lagi daripada 6 status diatas ? Ayo di share di comment.