Inilah Embun Upas Seakan-Akan Hujan Salju Di Dieng


Fenomena hujan salju biasanya terjadi di bagian dunia yang beriklim sub tropis. Karena berada di iklim tropis tampaknya mustahil sanggup menikmati fenomena alam hujan salju di Indonesia. Hamparan salju kekal di Indonesia hanya terdapat di Pegunungan Jayawijaya. Tetapi ternyata selain di Pegunungan Jayawijaya, fenomena ibarat hujan salju sanggup juga terjadi di Dataran Tinggi Dieng, terutama pada animo kemarau.Fenomena alam mirip hujan salju berupa hamparan butiran es ini oleh penduduk Dieng disebut Embun Upas atau Bun Upas.

Ilustrasi mmbun upas saat animo kemarau di Dataran Tinggi Dieng.
Foto : http://diengnews.blogspot.com/

Embun upas ini biasanya terjadi pada puncak animo kemarau. Hal ini sanggup terjadi alasannya pada animo kemarau di Dataran Tinggi Dieng suhu udaranya sanggup hingga di bawah nol derajat. Kawasan Dieng yang sering dilanda fenomena alam embun upas yaitu Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara.

Suhu di Dieng Plateau saat animo kemarau bulan Juli-Agustus biasanya menjadi sangat ekstrem dingin. Pada siang hari suhunya sanggup mencapai 22-24 derajat celcius, tapi saat menjelang dini hari suhu akan terus turun hingga mencapai dibawah nol derajat celcius.

Fenomena alam Bun Upas biasanya muncul pada suhu udara dini hari di bawah nol derajat celcius. Bun upas terlihat di pagi hari ibarat butiran es. Hamparan bun upas di lahan pertanian di Dieng terlihat mirip fenomena salju di tempat tropis.

Menurut dongeng yang berkembang, konon berjalan dengan kaki telanjang di atas embun upas memang baik untuk kesehatan. Terutama untuk kesehatan jantung. Apalagi sambil menikmati keindahan panorama dan kesejukan udara Kawasan Wisata Dieng yang belum tercemari polusi.

Tetapi fenomena alam embun upas ini bagi ialah petaka, alasannya akan mematikan tanaman. Biasanya petani akan menyiram sayuran yang terkena embun upas dengan air di pagi hari semoga efeknya sanggup dikurangi.

Musim kemarau biasanya tiba pada bulan Agustus, nah bagi yang tertarik menikmati fenomena alam embun upas di dataran tinggi Dieng yang mirip salju coba berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng. Pada bulan Agustus juga biasanya berbarengan dengan program tahunan Dieng Culture Festival.
sumber: erianggorokasih