Misteri Kapal Celauche Yang Berhantu

Google Images
Misteri kapal Celauche yang berhantu - Celauche yaitu sebuah kapal yang berhantu dalam Mitologi Chilote dan dongeng rakyat setempat. Ini yaitu sebuah mitos yang paling penting dari budaya Chill.

Menurut legenda Chili, Caleuche yaitu sebuah kapal hantu yang besar dan berlayar di sekitar Chiloe (Sebuah pulau kecil di lepas pantai Chilli) pada malam hari. Caleuche dikatakan sebagai makhluk yang sadar dan hidup. Kapal ini muncul sebagai kapal yang layarnya berwarna putih dengan indah dan cerah, dengan 3 tiang dari 5 layar masing- masing, selalu penuh dengan lampu dan dengan bunyi pesta di kapal kemudian bunyi suara itu dengan cepat menghilang lagi, tanpa meninggalkan bukti keberadaanya. Kapal hantu ini juga sanggup bernavigasi dibawah air, menyerupai kapal hantu yang lainnya.

Ada sebuah kisah menceritakan bahwa kapal itu diawaki oleh orang yang tenggelam, yang dibawa ke kapal oleh tiga tokoh mitologi Chilote, dua saudara wanita sirena Chilota (sejenis duyung) dan Pincoya dan saudara mereka Pincoy. Setelah naik ke kapal, maut mereka sanggup melanjutkan keberadaan mereka seolah- olah mereka hidup kembali.

Cerita rakyat chiloƩ juga menyampaikan bahwa si jahat Brujo Chilote (sejenis penyihir) sering mengunjungi pesta, yang mereka mencapai oleh memanggil caballo marino chilote aneh (makhluk mitos menyerupai dengan kuda air).

Krunya juga terdiri dari nelayan dan pelaut yang diculik untuk dijadikan budak sesudah bermetamorfosis makhluk yang sangat menyerupai dengan Invunche (makhluk mitologi Chilote).

Dalam Alastair Reynolds Chasm City, Caleuche yaitu nama yang diberikan untuk kapal yang mengikuti di belakang armada kapal koloni yang seharusnya tidak berada di sana dan tidak pernah merespon upaya komunikasi. Ketika protagonis mengambil sebuah pesawat angkasa untuk mengunjungi kapal hantu ia menemukan bahwa itu benar-benar ruang-faring makhluk alien yang telah berasumsi untuk tampil dalam salah satu kapal armada dan mencoba untuk bersembunyi di antara mereka dari yang musuh sendiri.

Caleuche juga ditampilkan dalam novel dan film mendatang oleh penulis Chili, Madeleine Petit menyebut "Caleuche", dalam legenda kapal telah diadaptasi. Tujuan dari kedua buku dan film yaitu untuk menciptakan legenda ini ikenal di seluruh dunia. Film lain yang menampilkan Caleuche yaitu "The Ship of Fools".

Pada tahun 2003, Six Magics, sebuah kelompok heavy metal asal Chili, menciptakan sebuah lagu ihwal kapal ini, yang disebut Caleuche (Flying Dutchman) di album mereka "Secrets of an Island".

Caleuche juga pernah ditampilkan dalam Seni Chili setempat, dari penyair, penulis, pematung, musisi, dan pelukis yang menghasilkan banyak sekali karya ditujukan untuk kapal misterius ini. Sayangnya, sebagian besar pekerjaan ini tetap pada tingkat lokal dan tidak mendapat banyak pengakuan.

sumber : wikipedia