Yang Mistis Dari Gerhana Berdasarkan Mbah Mijan

Gerhana matahari total ialah fenomena langka. Umumnya gerhana matahari akan melintas di tempat yang sama sehabis 300 tahun. Beruntung bagi Sumatera Selatan dan Bangka yang dapat melihat gerhana sehabis 28 tahun, dari 18 Maret 1988 ke 9 Maret 2016.


Gerhana ternyata tak hanya dibahas secara ilmiah, namun juga supranatural. Menurut Mbah Mijan, gerhana matahari mempunyai dua makna bila dilihat dari Primbon Jawa.

“Jika ada orang melihat gerhana matahari lewat mimpi, itu menandakan buruk. Dia akan mengalami kegelapan, baik dalam hal rejeki. Akan ada tragedi besar dalam keluarga, dapat jadi ada keluarganya yang akan meninggal,” ujar Mbah Mijan ketika dihubungi, Selasa (8/3).

Makna kedua ialah melihat gerhana matahari bukan dari mimpi. “Itu menandakan alam. Yang harus diwaspadai, tempat yang akan dilewati gerhana biasanya akan dilanda musibah, contohnya tragedi alam,” lanjutnya.

Bintang Film Tol Cipali KM 182 ini menambahkan, tempat yang akan dilalui gerhana juga akan kehilangan tokoh tersohornya. “Musibah itu dapat alasannya ialah terjerat aturan atau meninggal dunia. Poin ini akan salah bila matahari tiba-tiba tak terlihat di wilayah tersebut,” pungkas paranormal yang membuka praktek di Apartemen Modern Land Cikokol Tangerang ini.