Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Yang Menciptakan 7 Stasiun Kereta Api Ini Sangat Angker?

Tentang stasiun menyeramkan, bukan diam-diam umum lagi kalau beberapa memang populer angker. Banyak insiden menakutkan yang pernah muncul di sana mulai dari penampakan hingga suara-suara ajaib yang tak terang sumbernya.

Berikut ialah beberapa stasiun paling menakutkan di Indonesia dari aneka macam sumber.

1. Stasiun Ketanggungan Barat.


Sekilas tak ada yang ajaib dari stasiun yang ada di Brebes ini. Namun, memeriksa cerita-cerita yang pernah ada, ternyata Stasiun Ketanggungan Barat ini sangat menyeramkan. Salah satu alasannya ialah wacana dongeng kecelakaan kereta yang terjadi di tahun 2002 lalu.

Diceritakan, jikalau di erat stasiun ini pernah terjadi kecelakaan maut. Setidaknya ada sekitar 45 orang tewas dalam insiden tersebut. Sejak ketika itu, stasiun ini pun berubah seram. Menurut banyak orang, sering muncul penampakan-penampakan seram, hingga suara-suara lirih terdengar menyampaikan minta tolong.

2. Stasiun Manggarai.

Sepertinya sudah bukan diam-diam lagi kalau Stasiun Manggarai memang sangat menyeramkan. Di sana ialah kawasan persemayaman terakhir gerbong-gerbong bau tanah yang tak layak jalan. Beberapa alasannya sudah tak layak, sebagian karena kecelakaan.

Menurut masyarakat sekitar, mereka pernah mendapati banyak abnormalitas di sini. Mulai dari munculnya makhluk-makhluk tak konkret hingga suara-suara. Yang paling populer ialah munculnya belum dewasa bermain di tengah malam di kawasan ini.

3. Stasiun Kota Lama Malang.

Stasiun ini konon punya dongeng menakutkan yang menciptakan merinding. Misalnya wacana kecelakaan andal di tahun 1981an, dimana kereta yang berangkat dari Kota Lama menabrak sebuah bus. Kecelakaan ini menewaskan sekitar 50 orang. Sejak ketika itu cerita-cerita mistis pun beredar. Tak hanya itu, konon pernah juga ada insiden kereta hantu, dimana sebuah kereta tanpa masinis berjalan sendiri dan merusak rumah-rumah warga di sekitar stasiun.

4. Stasiun Poncol Semarang.

Stasiun Poncol Semarang juga dikenal cukup angker dan penuh dengan kisah-kisah mistis mengerikan. Bahkan kabarnya salah seorang warga dulu pernah beberapa kali melihat penampakan hantu berbaju putih hingga sosok belum dewasa kecil yang bermain di sekitar stasiun ketika jam operasional telah berakhir. Tidak hanya itu, beredar kisah jikalau di stasiun ini juga sering terlihat kereta api hantu.

5. Stasiun Kaliwedi.

Tidak ibarat formasi stasiun di atas, yang satu ini hanyalah stasiun kecil. Namun, meskipun kecil tapi keangkerannya sudah melegenda seantero Cirebon. Konon, tidak ada yang berani dekat-dekat dengan stasiun ini karena aura mistisnya yang kental. Apalagi stasiun satu ini kini sudah tidak dioperasikan lagi.

Stasiun ini konon mempunyai penunggunya sendiri yang sama sekali tidak ramah terhadap manusia. Jangan berpikir untuk uji nyali di sini alasannya keseramannya sangat nyata. Soal kisah tragis konon di erat stasiun ini pernah terjadi kecelakaan mengerikan. Menurut warga pernah ada iring-iringan mayit yang ditabrak kereta. Setidaknya sekitar 14 orang meninggal dalam bencana itu.

6. Stasiun Purwakarta.

Saat siang hari akan menyenangkan berada di stasiun ini, namun tidak ketika malam. Nuansa berubah 180 derajat menjadi sangat menyeramkan. Jangan tanya soal hantu dan semacamnya, di kawasan ini cukup sering makhluk-makhluk tak konkret itu muncul. Hal tersebut sendiri sering dikaitkan dengan gerbong-gerbong tertentu yang konon sebagian pernah jadi saksi bisu kecelakaan tragis.

7. Stasiun Sedayu.

Stasiun Sedayu di Yogyakarta ini merupakan stasiun yang berstatus sebagai stasiun non aktif. Beredar kabar bahwa sering kali pada malam hari terdengar bunyi genta (suara pengumuman PPKA terkait dengan keberangkatan dan kedatangan kereta api di stasiun) dari bekas bangunan stasiun tersebut. Namun yang membuatnya terasa jangal adalah, bahasa yang dipakai merupakan bahasa Belanda bukan bahasa Indonesia. Selain bunyi genta, beberapa kali juga pernah mendengar bunyi semboyan dari lokomotif uap.