Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengerikan! Cacing Ini Hidup Di Kulit Wajah



Wajah merupakan penggalan yang paling menarik dari badan manusia. Wajah juga merupakan identitas seseorang yang membedakannya dengan orang yang lain. Biasanya insan niscaya menginginkan punya wajah yang menarik dilihat dan dipandang. Tak sedikit dari insan terutama perempuan yang memakai aneka macam macam produk kecantikan untuk mendapat wajah anggun dan mulus semoga sedap dipandang. Namun tahukah kau ternyata secara alami ada seekor cacing yang hidup diwajah manusia? Berikut pemaparannya.

Pernah dengar perihal cacing komedo? Beberapa orang menyebutkan bahwa komedo yakni cacing yang hidup pada pori-pori wajah khususnya tempat hidung atau dagu. Padahal bergotong-royong komedo yakni tumpukan minyak atau lemak yang menyumbat pori-pori dan bercampur dengan kotoran menyerupai bubuk dan polusi.



Tapi ternyata, keberadaan cacing pada wajah memang benar adanya. Cacing ini tentu saja bukan cacing yang biasa kita temui dalam tanah. Cacing ini berukuran sangat kecil yaitu sekitar 0,3 mm dan hidup di sekitar hidung, bulu mata, alis atau penggalan wajah lainnya yang ditumbuhi rambut.
Hewan menggeliat yang hidup pada wajah ini berjulukan cacing demodex folliculorum dan demodex brevi. Cacing demodex ini hidup dan menetas pada tempat sekitar folikel rambut. Demodex mempunyai warna transparan dan memilki 8 kaki.

Cacing demodex menghabiskan waktu selam 7 hari untuk menjadi dewasa, sesudah mati mereka akan terurai pada pori-pori kulit. Jenis cacing yang termasuk golongan kutu/tungau initidak berahaya bagi tubuh, kecuali bagi penderita alergi tertentu.Gejala alergi yang ditimbulkan pun tidak begitu parah, biasanya hanya timbul gatal atau kemerahan. Namun jikalau tidak rajin membersihkan wajah, dapat saja cacing ini terus berkembang biak dan menimbulkan dilema cukup serius.