Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Sakit Kepala Menurut Letaknya

Sakit kepala yang secara medis dikenal sebagai cephalalgia atau dilafalkan cephalgia yakni suatu kondisi terdapatnya rasa sakit di dalam kepala: kadang sakit di belakang leher atau punggung potongan atas, disebut juga sebagai sakit kepala. Jenis penyakit ini termasuk dalam keluhan-keluhan penyakit yang sering diutarakan. (Wikipedia)

Siapa yang ngga pernah rasain sakit kepala atau pusing? Semua orang niscaya pernah mengalamin sakit yang satu ini kan? Entah itu karna badan yang tidak fit, sampai karna kiprah yang semakin menumpuk.

Tapi, tahukah agan/aganwati sekalian? jika sakit kepala yang ente rasakan bisa diketahui penyebabnya dari letak atau kawasan sakit itu terasa? "Lho kok bisa?". Bisa gan, berikut yakni cara mengetahuinya. Check it out!

Satu Sisi Kepala (Kanan atau Kiri Saja)



Kalau agan/aganwati pernah ngerasain sakit kepala disebelah kanan atau kiri saja, itu berarti agan terkena migrain. Pengidap mirgain umumnya mencicipi sakit kepala hebat pada potongan depan atau potongan sisi saja. Migrain juga sering disertai gangguan pengelihatan sampai mual dan muntah. Kebanyakan penghidap migrain yakni wanita.

Beberapa faktor penyebab migrain yakni hormon, gen, perubahan sementara zat kimia pada otak, sampai kelelahan dan stres. Tidak ada tes khusus untuk mendiagnosis penyakit ini dan sesungguhnya tidak ada obat yang sanggup menyebuhkan penyakit ini, namun ada beberapa obat yang bisa mengurangi rasa sakitnya.

Sakit kepala ini biasanya dirasakan oleh orang dewasa, kira-kira bisa terjadi 2 kali dalam setahun, atau lebih. Tapi jika agan mencicipi sakit ini lebih dari 2 kali dalam seminggu, silahkan konsultasi ke dokter seorang andal mengenai hal ini. Memilih hidup sehat yakni salah satu cara efektif untuk mencegah migrain.

Mata dan Dahi



Pusing pada kawasan akrab antara mata dan dahi biasanya menunjukan bahwa agan mempunya dilema pada pencernaan. Sakit kepala didaerah tersebut sering diiringi dengan gangguan perut, usus, ginjal, lambung, sampai empedu.

Biasanya juga, sakit kepala didaerah mata terjadi diiringi dengan penyakit sejuta umat, yaitu masuk angin.

Juga, penyakit ini bisa disebabkan oleh konsumsi minuman ber-alkohol atau keracunan makanan. Sekali lagi, dengan menentukan hidup sehat, agan bisa terhindar dari penyakit ini maupun penyakit lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Biasakan mulai dari sekarang.

Belakang (Tengkuk Sampai Atas Kepala)


Ini menjadi kawasan yang paling sering terasa sakit, khususnya untuk para pekerja keras, ibarat ane.
Penyebabnya adalah, aktifitas yang berlebih dan kurangnya istirahat. Sakit kepala didaerah ini sering disertai dengan tegangnya otot-otot pada potongan tengkuk.

Pengidap sakit kepala pada kawasan ini dianjurkan untuk beristirahat yang cukup, juga bisa dengan berlibur atau rekreasi. Karna sakit kepala ini sering terasa disaat agan stres.

Dahi, Mata, dan Hidung



Sakit kepala yang agan rasakan dibagian dahi, mata dan hidung disebabkan oleh sinusitis. Sinusitis yakni peradangan yang terjadi pada susukan sinus. Penyebab sinusitis yang paling umum yakni lantaran nanah virus. Sering kali disebabkan oleh virus flu atau pilek yang disebarkan sinus dari susukan pernapasan atas. Setelah terjadi pilek atau flu, nanah basil sekunder bisa terjadi. Ini akan menjadikan dinding dari sinus mengalami peradangan atau inflamasi.

Untuk memastikan agan terkena sinus atau bukan, agan bisa coba menundukan kepala dengan cepat dan sedikit hentak. Jika kawasan mata, dahi dan hidung terasa lebih sakit, berarti agan terkena sinus. Bisa juga diperhatikan dengan cara mencata usang waktu pusing pada kawasan tersebut, biasanya pusing yang disebabkan oleh sinus nggak hilang hanya satu atau dua hari, walaupun rasanya sedikit berkurang.

Dahi



Terakhir, sakit kepala yang hanya dirasakan di potongan dahi biasanya akan terjadi dikala Anda sedang gelisah, takut, panik atau gugup. Contohnya seperti, ketika agan ingin melaksanakan public speaking, presentasi, tampil/perform, atau ingin main kerumah pacar dan ketemu calon mertua.

Kesimpulan

Itu ia beberapa penyebab pusing menurut tempat atau lokasi yang terasa sakit. Memang banyak penyebab pusing ibarat yang ane bilang diawal pembuka. Dengan thread ini supaya agan/aganwati bisa lebih simpel mengetahui apa penyebab dari pusing yang agan rasakan, ngga sedikit-sedikit beli obat sakit kepala. Memang ngga salah, tapi kalo tiap dikala ente tergantung sama obat kan kesudahannya ngga baik, apalagi buat ginjal, ya nggak?