Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Tenggelamnya Kapal The Mary Celeste

Ilustrated : Google Image
Kapal The Mary Celeste (Marie Celeste menyerupai karangan fiksi yang disebut oleh Sir Arthur Conan Doyle dan lain lain sehabis dia) Kapal berkebangsaan inggris dibangun oleh Amerika merchant brigantine populer dikarenakan telah ditemukan pada 5 Desember 1872 di Samudera Atlantik, dan sepertinya tak berawak alasannya ditinggalkan oleh awak kapalnya (satu sekoci yang hilang, bersama dengan tujuh awaknya), meskipun cuaca baik baik saja dan krunya telah berpengalaman dalam hal pelautan.

The Mary Celeste berada dalam kondisi layak berlaut dan masih dalam berlayar menuju Selat Gibraltar. Dia telah berada di bahari selama satu bulan dan mempunyai nilai lebih dari enam bulan persediaan makan dan air didalam kapal. Kargonya hampir tak tersentuh dengan barang barang eksklusif awak termasuk barang barang berharga masih berada ditempatnya. Tak satupun dari orang orang dikapal itu pernah melihat atau mendengar hilangnya mereka yang disebut sebagai misteri maritim terbesar sepanjang masa.

 Pertanyaan mengapa kru meninggalkan Mary Celeste telah  menjadi subyek pertanyaan seluruh orang di dunia?. Ada beberapa teori perihal hilang nya Mary Celeste  seperti teori alami (asap, alkohol, gempa bumi bawah laut, watersputs), tindakan insan ( pembajakan,  pemberontakan, kesalah pahaman), dan teori paranormal (kehidupan diluar bumi, benda abnormal yang terbang,  monster laut, dan Segitiga bermuda, meskipun kapal tidak diketahui telah berlayar melalui kawasan itu dari  Atlantik).

Ada beberapa orang bilang "The Mary Celeste" dengan riwayat kemalangan dikatakan "dikutuk" bahkan sebelum ia ditemukan terlantar tanpa klarifikasi yang jelas, kapal hantu klasik. Pada tahun 1885, Mary Celeste hancur saat pemilik terakhirnya sengaja menghancurkan dirinya (bunuh diri) di lepas pantai Haiti dalam upaya untuk melaksanakan penipuan asuransi.