Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

33+ Rumah Adat Betawi Bernama Rumah Kebaya Karena Atapnya Yang Terlihat Seperti Background

33+ Rumah Adat Betawi Bernama Rumah Kebaya Karena Atapnya Yang Terlihat Seperti Background. Ini ada pilihan kak yang mana yah kak. Rumah kebaya adalah nama rumah tradisional betawi.

Rumah Adat Dki Jakarta Struktur Bangunan Material Filosofi
Rumah Adat Dki Jakarta Struktur Bangunan Material Filosofi from lenteramata.com
Dulu, hampir setiap penduduk jakarta asli betawi memiliki rumah dengan bentuk rumah kebaya yang sama. Rumah adat yang mengandung filosofi masyarakat terdahulu perlu dilestarikan keindahannya namun, di suku betawi ada yang disebut dengan rumah adat kebaya karena bagian atap rumah. Dinamai demikian karena atap dari rumah ini berbentuk seperti pelana yang apabila dilipat dan dilihat dari samping akan tampak seperti lipatan kebaya.

Banyak orang yang menyebut rumah tersebut rumah kebaya karena ketika dilihat dari samping, atap rumah tersebut menyerupai sehingga kebudayaan lokal adat betawi sebagai suku asli pun semakin tergerus.

Jika atap rumah dilihat dari samping maka atap akan terlihat seperti lipatan kebaya. Pada rumah adat ini atapnya terbuat dari genteng tanah liat namun ada juga yang terbuat dari bahan atep atau anyaman daun kirai. Namun, yang ditetapkan sebagai rumah adat resmi yaitu rumah kebaya. Rumah adat betawi yang banyak dikenal dan terlihat dihuni oleh masyarakat suku betawi adalah rumah kebaya.