Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Batu Mulia dan Mineral nan Indah di DUnia

Hal-Hal Aneh DIDUnia 97
Anda mungkin pecinta watu mulia dan akik, tapi tahukah anda beda mineral dan watu mulia? Ya, mineral dan watu mulia memang sama-sama sering tampak begitu cantik.
Dari sudut pandang ilmiah, mineral ialah padatan senyawa kimia homogen, non-organik, yang memiliki bentuk teratur (sistem kristal) dan terbentuk secara alami. Istilah mineral termasuk tidak hanya materi komposisi kimia tetapi juga struktur mineral. Mineral termasuk dalam komposisi unsur murni dan garam sederhana hingga silikat yang sangat kompleks dengan ribuan bentuk yang diketahui (senyawaan organik biasanya tidak termasuk). Sedangkan Batuan, tidak memiliki komposisi kimia tertentu, dan dapat terbuat dari mineral atau non-mineral. 

Senja di dalam Opal
Struktur dalam opal membuatnya bisa mengembangkan cahaya; tergantung kondisi daerah watu ini terbentuk yang membuatnya dapat memunculkan banyak sekali warna.

Warna opal bervariasi mulai dari jernih hingga putih, abu-abu, merah, jingga, kuning, hijau, biru, magenta, mawar, slat, zaitun, cokelat, dan hitam. Dari warna-warna tersebut, merah dan hitam ialah yang paling langka, sementara putih dan hijau sangat umum.
Opal juga bervariasi dalam kepadatan optiknya mulai dari opak hingga semi-transparan. Untuk dipakai pada watu permata, warna alaminya sering digunakan dengan meletakkan lapisan opal tipis pada watu gelap menyerupai basal.

Dasar Lautan di dalam Opal
Selengkapnya baca disini


Nebula dalam Opal



Bismuth
Ini ialah kristal Bismuth murni, unsur terberat yang stabil atau bisa dikatakan tidak radioaktif (secara teknis memang radioaktif, namun waktu paruhnya lebih panjang dari umur alam semesta)


‘Empress Of Uruguay’ Geode Amethyst Terbesar di Dunia
Kristal Amethyst ungu setinggi tiga meter dan berat hampir 2,5 ton ini terbentuk secara alami dan memukau semua orang yang melihatnya. Kristal Amethyst dengan kualitas “AA Jewellery Quality” ini sangat langka – Mereka menyajikan pemandangan yang benar-benar mempesona. Banyak orang menghabiskan waktu yang lama hanya memandang dan menyerap keindahannya, merenungkan seluk-beluk alam.


Black Opal dari Lightning Ridge Australia
Sekitar 10 jam perjalanan dari Gold Coast, ada sebuah kota kecil tapi terkenal yang disebut “Lightning Ridge”. Kota ini ialah satu-satunya daerah di bumi yang menghasilkan Black Opal yang berharga. Black Opal yang ditemukan pertama tercatat di Lightning Ridge ialah pada tahun 1873. Namun, hingga tahun 1903, orang-orang tidak menyadari nilainya. Sejak ketika itu hingga sekarang, Lightning Ridge ialah satu-satunya daerah dimana Anda dapat menemukan permata megah ini.


Chrysocolla dalam Malachite
Chrysocolla ialah mineral cyclosilicate tembaga terhidrasi, memiliki warna cyan (biru-hijau) dan merupakan bijih tembaga kecil, memiliki kekerasan 2.5 hingga 3.5. Biasanya ditemukan sebagai botryoidal atau massa lingkaran dan kerak, atau urat-urat. Karena warnanya, kadang kala dirancukan dengan pirus. Chrysocolla terdapat di Israel, Republik Demokratik Kongo, Chile, Cornwall di Inggris, dan Arizona, Utah, Idaho, New Mexico, Michigan, dan Pennsylvania di Amerika Serikat.


STRENGITE
Adalah mineral besi fosfat langka dengan rumus: FePO₄ · 2H₂O (atau kadang kala mengandung beberapa Al, sehingga dapat juga ditulis dengan rumus: (Fe, Al) PO₄ · 2 (H₂O )). Sering ditemukan sebagai mineral sekunder dalam deposito pegmatite fosfat, dan sedimen batupasir (sandstone) yang kaya zat besi


Opal Fosil


Rhodochrosite


Fluorite


Scolecite


Titanium Quartz


Azurite


Realgar on Calcite


Tourmaline Semangka


Uvarovite


Tourmaline pada Kuarsa dengan Lepidolite dan Cleavelandite


Rhodochrosite


Crocoite

Artikel ini diambil dari
http://terselubung.in/20-batu-mulia-dan-mineral-nan-indah-di-dunia/